Dramatis, Pasundan Juara Livoli Usai Kalahkan Mabes TNI

oleh -132.036 views
JUARA, Klub Pasundan berhasil menjad juara Kejurnas Livoli Divisi I tahun 2019 di Pacitan.. (Foto: Dok PBVSI)

Pacitanku.com, PACITAN – Pertandingan terakhir atau ke-49 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Liga Voli Indonesia (Livoli) Divisi I Pacitan mempertemukan dua klub tangguh yakni klub bola voli asal Jakarta Mabes TNI melawan klub dari Kota Bandung, Jawa Barat yakni Pasundan.

Dalam laga yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan pada Minggu (29/9/2019) pukul 18.15 WIB tersebut, Mabes TNI mengenakan kostum merah dan Pasundan mengenakan kostum putih.

Kedua tim sama-sama menurunkan kekuatan terbaiknya. Mabes TNI menurunkan line up pemain-pemain andalannya, yakni Aditya Maulana, M Ali Syahbana, Agus Priyanto, Luvi Febrian, Heryanto,  Sonni Setyawan, Jerel Gabriel, Martono, Dadan Ali Amdad, Sukeri Sepringga dan Saefullah Fajri.

Sementara, Pasundan juga menurunkan line up terbaiknya, yakni Muhammad Fikri, Yayan Riyato, Sudrajat, Maskun, Ujang Nandar, Aldi Juan, Faiza, Jassen Kilanta, Achmad Rizal, Farhan Halim, Rivaldy, Cep Indra Agustin, Muhammad Ridwan dan Irwan Raliman.

Laga seru Mabes TNI vs Pasundan. (Foto: Dok PBVSI)

Laga berlangsung panas dan seru sejak set pertama dimulai. Kejar-kejaran angka dimulai dengan berbagai suguhan menarik. Smash keras hingga reli panjang dipertontonkan kedua tim. Skor ketat dipertunjukkan kedua tim, dimana Pasundan unggul tipis 21-18 di set pertama ini.

Pada akhirnya set pertama menjadi milik Pasundan. Berawal dari service pemain Mabes TNI Jerel Gabriel, bola berhasil diterima oleh Pasundan, dan sebuah smash keras Achmad Rizal menyudahi set pertama dengan skor 25-20. 1-0 untuk Pasundan.

Di set kedua, ingin bangkit dari ketertinggalan, Mabes TNI menampilkan permainan terbaiknya. Skor kejar-kejaran terjadi, namun pada akhirnya Mabes TNI berhasil meraih poin di set kedua ini sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari service pemain Pasundan nomor punggung 2, Yayan Riyato, bola berhasil diterima oleh Mabes TNI dan diakhiri dengan smash keras pemain Mabes TNI Achmad Rizal. Smash ini sekaligus mengakhiri set kedua dengan skor 25-22 untuk Mabes TNI.

Pertandingan semakin seru di set ketiga. Kedua tim berusaha menampilkan performa terbaiknya di laga puncak ini. Sempat tertinggal 11-15, Pasundan berhasil unggul membalik keadaan menjadi 20-18 sebelum akhirnya disamakan kembali oleh Mabes TNI dengan skor 20-20.

Perjuangan keras Mabes TNI kembali membuahkan hasil di set ketiga, mereka kembali unggul 23-22 pada set ini. Mabes TNI menuntaskan laga set ketiga ini dengan skor 27-25.

Berawal dari service Saefullah Fajri, bola yang masuk ke area Pasundan dan dikembalikan dengan smash berhasil diblok oleh anak-anak Mabes TNI. Blok tersebut gagal dikembalikan oleh Pasundan dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Mabes TNI.

Pertandingan semakin ketat dan menarik di set keempat. Balapan skor terjadi antara kedua tim. Skor sempat sama kuat 9-9. Namun beberapa saat kemudian Mabes TNI kembali unggul dengan skor 18-15 atas tim asal Kota Bandung tersebut. Tak patah arang, Pasundan kembali mengejar perolehan poin hingga sukses membalikkan kedudukan 19-18.

Tim Mabes TNI meraih juara 2 Kejurnas Livoli usai takluk dari Pasundan. (Foto: Dok PBVSI)

Skor kembali sama kuat 24-24. AKhirnya Pasundan berhasil menuntaskan set keempat dengan skor 26-24 setelah service dari Yayan Riyato yang berhasil diterima Mabes TNI. Namun pengembalian smash dari Aditya Maulana keluar lapangan dan menuntaskan laga di set keempat dengan skor 26-24 untuk Pasundan. Keududkan pun sama kuat 2-2 dan harus dilanjutkan set kelima atau penentuan.

Di set penentuan, Pasundan langsung tancap gas dan unggul 7-3 atas Mabes TNI. Keunggulan Pasundan semakin menjauh menjad 11-4 setelah smash dan blok dari anak-anak Pasundan berhasil mematahkan perlawanan Heryanto dkk.

Pertandingan sengit dan dramatis tersebut akhirnya berakhir dengan kemenangan Pasundan dengan skor 3-2. Smash keras Muhammad Fikri sukses mengantarkan Pasundan meraih kemenangan di set keempat dengan skor 15-9.

Hasil ini membuat pasukan Pasundan meraih gelar juara Kejurnas Livoli divisi I tahun 2019. Sementara Mabes TNI harus puas di peringkat kedua alias juara 2.

Hasil final putra Kejurnas Livoli Divisi I di Pacitan tahun 2019

Final 1-2 Mabes TNI 2-3 Pasundan (20-25, 25-22, 27-25, 24-26, 9-15 )
Final 3-4 Ganevo 3-0 Surya Muda (25-15, 25-14, 25-20)

Juara pertama: Pasundan
Juara kedua: Mabes TNI
Juara ketiga: Ganevo
Juara keempat: Surya Muda