Tari Brama Mangalad Punung Semarakkan Pacitan Journey 2019

oleh -6 Dilihat
Kreasi tari “Brama Mangalad” dari sanggar Sekar Arum, Kecamatan Punung menyemarakkan pembukaan “Pacitan Journey 2019” yang digelar pada Rabu (11/9/2019) di kawasan wisata Pantai Srau, Dusun Srau, Desa Candi Kecamatan Pringkuku. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Kreasi tari “Brama Mangalad” dari sanggar Sekar Arum, Kecamatan Punung menyemarakkan pembukaan “Pacitan Journey 2019” yang digelar pada Rabu (11/9/2019) di kawasan wisata Pantai Srau, Dusun Srau, Desa Candi Kecamatan Pringkuku.

Dalam pementasan tari oleh Dian, Sindy, Sintia, Anisa dan Rara ini, selama sekitar lima menit mampu menampilkan gerakan tari yang kompak, penuh irama dan menghibur puluhan peserta Pacitan Journey 2019.

Menurut pelatih tari Brama Mangalad Sukatno, tari ini menggambarkan lelaku budi pekerti manusia harus mempunyai arah jalan hidup dan mengutamakan kebenaran serta dapat instrospeksi diri saling menyaynagi dan menjauhkan dari rasa iri dengki.

“Mangalad dalam arti berkobar semangat dan tekat yangtimbul dari hati urnurani merupakan wujud dari keikhlasan untuk mencapai kesejahteraan. Kegagahan kelincahan kerampakan dan sikap menembah merupakan ciri khas gerakan tari ini,”kata dia.

Lebih lanjut, Sukatno mengatakan kemasan dalam bentuk dalam bentuk estetika gerak ritmis yang indah. “Dengan perpaduan iringan yang runtut maka terciptalah brama mangalad,”tandasnya.

Kegiatan Pacitan Journey adalah kegiatan yang menghadirkan pegiat pariwisata di Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan wisata di Pacitan.

Dalam kegiatan ini, peserta menginap semalam dengan tenda di Pantai Srau. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling ke sejumlah obyek wisata di Pacitan, yakni Pantai Klayar, Sungai Maron, Beiji Park, Sentono Genthong, Pantai Ngiroboyo, Pantai Teleng Ria, Pantai Watukarung, Pantai Kasap, Pemandian Air Hangat Tirta Husada dan rumah masa kecil SBY. Tak hanya itu, mereka dijadwalkan akan melihat pertunjukan Festival Ronthek Pacitan.

Agenda Pacitan Journey 2019 ini diikuti oleh penggiat pariwisata dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Diantaranya adalah HPI DIY, ASPDI DIY, IPI Jateng, IPI DI Yogyakarta, Asidewi, HPI Jateng, Gappitt Cirebon, Citra Gilang, Attaya Tour, Tuti Tour Solo, Dio Panggih Tour, Pebemas dan pegiat pariwisata lainnya.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Rb4dOJtgW7g[/embedyt]