Awal September Diharapkan Sudah Ada Pimpinan DPRD Pacitan Definitif

oleh -6 Dilihat
PIMPINAN SEMENTARA. Ronny Wahyono saat memimpin jalannya rapat paripurna pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Pacitan pada Jumat (23/8/2019). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan sementara Ronny Wahyono mengharapkan awal bulan September 2019 sudah muncul nama-nama pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pacitan masa bakti 2019-2024.

“Untuk pembentukan fraksi, surat ke masing-masing Partai Politik (Parpol) sudah kami luncurkan, dan rapat paripurna pembentukan fraksi akan dilaksanakan besok hari Senin (26/8/2019), sedangkan untuk pimpinan definitivf, kami harapkan tanggal 5 September 2019 sudah berlangsung paripurna pengucapan sumpah dan janji pimpinan definitif,”kata Ronny usai pelantikan DPRD Kabupaten Pacitan masa bakti 2019-2024 pada Jumat (23/8/2019) di ruang paripurna DPRD Pacitan Jalan Ahmad Yani nomor 22 Pacitan.

Lebih lanjut, Ronny mengatakan untuk jatah pimpinan definitif menjadi jatah empat Parpol dengan suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif 2019 di Pacitan, yakni Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Hasil Pileg 2019 di Pacitan: Demokrat Berjaya, PKB Melejit

Dalam Pileg di Pacitan yang digelar 17 April 2019 lalu, Partai Demokrat berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan 96.925 suara, disusul Golkar (57.720), PDIP (36.94) dan PKB (31.005).“Komposisinya untuk Ketua DPRD dari Partai Demokrat, Wakil Ketua 1 dari Partai Golkar, Wakil Ketua 2 dari PDIP dan Wakil Ketua 3 dari PKB,”katanya.

Saat ini, kata Ronny, dirinya yang menjadi pimpinan sementara DPRD Kabupaten Pacitan memiliki empat tugas termasuk diantaranya memfasilitasi pembentukan pimpinan DPRD definitif.

Baca juga: 45 Anggota DPRD Pacitan Resmi Dilantik, Diminta Lahirkan Inovasi Baru untuk Pembangunan

“Jadi untuk pimpinan sementara ada empat tugas, yakni memfasilitas pembentukan fraksi, mengirim surat kepada seluruh parpol untuk mengirimkan nama fraksi, pimpinan dan anggota masing-masing, selanjutnya memfasilitasi pembuatan tata tertib DPRD Pacitan berdasarkan aturan yang ada.

Tugas berikutnya, kata Ronny, adalah memimpin rapat-rapat dan memfasilitasi pembentukan pimpinan definitif, dimana pihaknya akan mengirimkan surat kepada empat Parpol agar mengirimkan pimpinan definitif yang mereka rekomendasikan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, sebanyak 45 anggota DPRD Pacitan resmi dilantik pada Jumat (23/8/2019). Ke-45 anggota DPRD Pacitan  yang terbagi di enam daerah Pemilihan (Dapil) tersebut merupakan hasil dari Pileg pada Rabu (17/4/2019) lalu.

Secara berurutan, ada sembilan partai politik di Pacitan yang meraih 45 kursi DPRD Kabupaten Pacitan, yakni Partai Demokrat (14), Partai Golkar (9), PDIP (6), PKB (5), Hanura (3), PKS (2), Gerindra (2), Nasdem (2) dan PPP (2).

Berikut daftar anggota DPRD Pacitan yang dilantik pada Jumat (23/8/2019).

Dapil 1 (Pacitan-Pringkuku)

  1. Indrata Nur Bayuaji/ Demokrat
  2. Wahyu Agus Suryanto/Golkar
  3. Anung Dwi Ristanto/ Demokrat
  4. Gimat/Demokrat
  5. Bambang Margono/ Gerindra
  6. Ririn Subianti/PKS
  7. Rudi Hartoyo/Hanura
  8. Arifin/PKB
  9. Eko Setyoranu/PDIP

Dapil 2 (Punung-Donorojo)

  1. Pujo Setyo Hadi/Demokrat
  2. Prabowo/Golkar
  3. Agus Setiyanto/PPP
  4. Triyani/Demokrat
  5. Fibi Irawan/PKB
  6. Melia Windiyana/PDIP

Dapil 3 (Nawangan-Bandar)

  1. Sutikno/Hanura
  2. Lancur Susanto/Golkar
  3. Heriyanto/PDIP
  4. Bagus Surya Pratikna/Hanura
  5. Suprihati Winarcahyani/Demokrat
  6. Ridwan Purnomo Aji/PKB
  7. Tri Santoso/Golkar

Dapil 4 (Tegalombo-Arjosari)

  1. Wahidin/Demokrat
  2. Sediono/Gerindra
  3. Bambang Setyabudi/Nasdem
  4. Boimin/Demokrat
  5. Sri Widowati/Golkar
  6. Wahyu Pujiono/PKB
  7. Sabarudin Achmad/PDIP

Dapil 5 (Ngadirojo-Sudimoro)

  1. Gagarin/Golkar
  2. Heru Setyanto/PDIP
  3. Heru Puspo Handoyo/Demokrat
  4. Tumardi/Demokrat
  5. Hariawan/Nasdem
  6. Bambang Suseno/Golkar
  7. Adi Subroto/PKB

Dapil 6 (Kebonagung-Tulakan)

  1. Samsuri/PPP
  2. Arif Setia Budi/Demokrat
  3. Ronny Wahyono/Demokrat
  4. Rudi Handoko/ Demokrat
  5. Titik Ernawati/ Demokrat
  6. Handaya Aji/PKS
  7. Budi Sarwono/ Golkar
  8. Tejo Kusmoro/Golkar
  9. Widadi/ PDIP

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan