Ada Macan Masuk Kebun, BBKSDA Jatim Lakukan Pengecekan

oleh -0 Dilihat
CEK MACAN. BBKSDA Jatim bersama DLH Pacitan melakukan pengecekan dugaan penemuan macan di Tegalombo. (Foto: Dok BBKSDA Jatim)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur melakukan pengecekan terkait dugaan adanya macan yang dijumpai di kebun dan pekarangan milik masyarakat.

Pengecekan tersebut dilakukan di salah satu desa di Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan pada Kamis (22/8/2019).

Mengutip dari laman facebook BBKSDA Jatim pada Jumat (23/8/2019), BBKSDA Jatim melakukan pengecekan di pekarangan dan kebun masyarakat setempat bersama Resort Konservasi Wilayah 06 Ponorogo, Dinas Lingkungan Hidup dan Muspika Tegalombo.

“Beberapa laporan yang masuk menyebutkan menjumpai antara 4 – 5 ekor di sekitar kebun dan pekarangan rumah mereka. Tim melakukan survei ke beberapa lokasi yang dilaporkan warga,”demikian keterangan BBKSDA Jatim.

Dalam pelaksanaan pengecekan tersebut, tim dari BKKSDA Jatim memang menjumpai jejak yang serupa dengan jejak macan namun sudah tidak terlihat terlalu jelas karena sudah beberapa hari.

Tak hanya itu, BBKSDA Jatim juga mengimbau masyarakat untuk tidak mengganggu atau melukai satwa tersebut jika menjumpai lagi.

“Dan, rencananya tim BBKSDA Jatim akan memasang kamera trap untuk memastikan jenis Macan yang dimaksud,”pungkasnya. (RAPP002)