Tim PID Kecamatan Pacitan Gelar Bursa Pertukaran Inovasi Desa

oleh -411 views
tim Pogram Inovasi Desa (PID) Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur menggelar Bursa Pertukaran Inovasi Desa pada Selasa (13/8/2019) di Pendapa Kecamatan Pacitan, Jalan Letjen R Suprapto nomor 44 Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN — Pentingnya mengali dan mengembangkan potensi yang ada guna menunjang kesejahteraan masyarakat, tim Pogram Inovasi Desa (PID) Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur menggelar Bursa Pertukaran Inovasi Desa pada Selasa (13/8/2019) di Pendapa Kecamatan Pacitan, Jalan Letjen R Suprapto nomor 44 Pacitan.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Bapemas, Camat Pacitan, Danramil, Kepala Desa Dan Kaur Perencanaan (Kecamatan Pacitan, Kebonagung, Arjosari, Pringkuku), Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM).

Pada kesempatan kali ini peserta selain mendapatkan arahan dan melihat video contoh yang sudah melakukan program Bursa Inovasi Desa (BID), juga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung kepada desa, terkait cara pengelolaan dan pengembangan serta mengisi biodata komitmen.

Seperti yang disampaikan Ketua TPID Kecamatan Pacitan Indar Siswoyo saat dikonfirmasi bahwa tujuan kegiatan tersebut yakni agar pemerintah desa menyadari potensi yang ada sehingga dalam menerapkan pogram tepat sasaran tentunya kepada masyarakat.

“Bagaimana desa menyadari betul-betul potensi yang ada di wilayah masing-masing, sehingga mereka dalam menerapkan program-pogram desa ini tepat sasaran dan tepat guna, artinya dana yang di gelontorkan dari pemerintah pusat begitu besar ini untuk masyarakat,”ungkapnya.

Di sisi lain Kepala Bidang Pemerintah Desa Pabemas Kabupaten Pacitan Nanang Hdw mengharapkan peserta yang hadir dapat mencontoh serta berdampak lebih baik yang lain atau mereplikasikan hasil dari kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini cukup luar biasa, artinya dengan proses yang sudah dilakukan tim dengan mengambil contoh lima desa dapat memberikan motivasi ide-ide kreatifnya dan direplikasikan didesanya masing-masing,”harapnya.

Sementara Kepala Desa Purworejo selaku Pelaku Inovasi Desa pihaknya menyambut baik atas program tersebut, pasalnya menurutnya di era yang akan datang sangat membutuhkan guna mensejahterakan masyarakat.

“Kami menyambut sangat positif karena tuntutan di era kedepan membutuhkan seperti ini, yang kedua dengan adanya kesempatan inovasi ini kebijakan yang kami gulirkan selama di spakati BPD, bisa berjalan dengan lancar-lancar saja,”terangnya.

Pewarta: Rojihan
Penyunting: Dwi Purnawan