Akhmad Ikhsan Berbagi Solusi Pembuatan Pakan Ternak Sampah Organik untuk Warga Punung

oleh -0 Dilihat
Ikhsan memberikan solusi melalui pelatihan pembuatan pakan ternak dari sampah organik untuk warga Desa Ploso, Kecamatan Punung pada Kamis (1/8/2019). (Foto: Rojihan)

Pacitanku.com, PUNUNG – Upaya kreatif mantan Mantri Kesehatan asal Kecamatan Tulakan, Akhmad Ikhsan berbagi solusi pemanfaatan sampah organik terus dilakukan.

Terbaru, Ikhsan  memberikan solusi melalui pelatihan pembuatan pakan ternak dari sampah organik untuk warga Desa Ploso, Kecamatan Punung pada Kamis (1/8/2019).

Awalnya, pakan ternak sapi dan kambing di kawasan ini menipis diakibatkan musim kemarau panjang yang menimbulkan persediaan pakan ternak warga semakin menipis.

Dengan latar belakang demikin, puluhan masyarakat dan pelajar ikuti sosialisasi dan pelatihan membuat pakan ternak dengan manfaatkan limbah sampah jenis organik.

Pelatihan yang digelar di bertempat di aula Desa Ploso, Kecamatan Punung pada Kamis (1/8/19) tersebut dialkukan melalui metode fermantasi, dengan tujuan memberikan solusi bagi masyarakat, dilihat dari segi ekonomi dan tenaga lebih efisien.

“Saya sangat senang sekali, peserta juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, semoga dengan yang saya berikan menjadi solusi bagi masyarakat dan bisa dikembangkan” ucapnya.

Kegiatan yang digelar oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM )itu berlangsung dengan sukses dibuktikan dengan antusiasme para warga mengikuti pelatihan tersebut, dengan menghadirkan narasumber Ikhsan seorang mantan mantri kesehatan kini sukses menjalankan fermentasi untuk dijadikan pakan ternak hingga berkembang pesat.

“Masyarakat kan ada permasalahan yaitu semakin minimnya persediaan makanan ternak diakibatkan musim kemarau, dedaunan pada kering, lalu kami mencari solusi dengan teman-teman apakah ada solusi terkait itu? Ahirnya kami ketemu pak Ikhsan, sekaligus tolong untuk memberikan sosialisasi kepada warga,”kata Edza Agustuti, mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM

Pada kesempatakan kali ini, peserta selain mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan pakan ternak, juga diperagakan contoh proses fermentasi dari awal hingga ahir siap dihidangkan kepada hewan ternak oleh Akhmad Ikhsan.

Sementara, salah satu peserta, Priyono (48), selaku kepala kelompok tani mengaku sangat termotivasi, pasalnya dengan pengetahuan yang diberikan selama sosialisasi tersebut sangat membantu, terlebih didesa tersebut banyak para peternak sapi.

“Ini khususnya masyarakat Desa Ploso mengucapkan banyak terimakasih karena dengan pengetahuan yang disampaikan pak Ikhsan tersebut sangat membantu dan kedepan kami akan implementasikan untuk kemajuan desa ini terlebih banyak para peternak,”katanya.

Pewarta: Rojihan
Penyunting: Dwi Purnawan