Dihadiri Gubernur Jatim, YPA-MDR Resmikan Luncurkan BLUD Plus SMKN 2 Donorojo

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, DONOROJO — PT
Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR),
meresmikan gedung baru SMKN 2 Donorojo serta meluncurkan Badan Layanan Umum Daerah
(BLUD) Plus sekolah pada Minggu (7/7/2019) di Donorojo, Pacitan.

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa
Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Pacitan Indartato dan Direksi PT Astra International Tbk, Paulus Bambang Wijanarko.

Peresmian BLUD Plus yang ada di SMKN 2 Donorojo sekaligus akan diresmikan sebagai sekolah vokasi khusus dalam bidang Agibisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) oleh Gubernur Jawa Timur, dengan harapan menjadi tempat pusat produksi pengolahan hasil pertanian, khususnya VCO dan produk turunannya.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan khusus di Kabupaten Pacitan, sejak tahun 2012 Astra merintis dan membina SDN Kalak 2, SDN Sendang 3 dan SDN Widoro 2.

Setelah itu, Astra melanjutkan pembinaan di SMPN 2 Donorojo dan SMKN 2 Donorojo pada 2016.

Bantuan pendidikan berjenjang pada tingkat SD, SMP dan SMK merupakan penerapan konsep
“Sekolah Eskalator” yang diberikan oleh YPA MDR kepada sekolah-sekolah binaan di Kabupaten Pacitan telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan di tingkat Nasional baik Guru jenjang SD dan SMP diantaranya pada tahun 2015 meraih Juara III pada Lomba Inovasi Pembelajaran dan pada 2016 SMPN 2 Donorojo meraih Juara I pada Olimpade Guru Nasional.

Yang terbaru pada tahun 2018, Guru dari SMKN 2 Donorojo meraih Juara I Lomba Inovasi Pembelajaran SMK tingkat Nasional.

Pembangunan SMKN 2 Donorojo sejak awal pendiriannya diarahkan pada kejuruan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Jurusan tersebut dipilih karena sesuai dengan potensi unggulan Donorojo yaitu pertanian.

“Siswa siswi SMKN 2 Donorojo Jurusan APHP akan dipersiapkan untuk mengikuti Program Teaching Factory (TeFa) yang merupakan program pengembangan kemampuan kewirausahaan siswa untuk mandiri dan mempersiapkan diri memiliki usaha (UKM) yang bertujuan turut berperan dalam pembangunan ekonomi daerah binaan,”kata Herawati.

Untuk menunjang progam Desa Sejahtera Astra, YPA-MDR secara konsisten menerapkan pola pembinaan mencakup 4 pilar (Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup) yang dikemas dengan pola sinergitas.

Melalui pola-pola tersebut, YPA-MDR menginisiasi Paguyuban Komite sekolah binaan yang dilibatkan aktif dengan mulainya usaha pemberdayaan Komite Sekolah bersama masyarakat menciptakan ekonomi kerakyatan di daerah Donorojo.

Salah satu usaha yang dirintis adalah produk Virgin Coconut Oil (VCO) dan produk-produk turunannya yang diharapkan dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah Pacitan.

Hal ini didasarkan atas potensi unggulan daerah berupa buah Kelapa yang dimiliki oleh masyarakat Donorojo.

Kedepannya, demi meningkatkan mutu manajemen di sekolah-sekolah binaan khususnya SMKN 2 Donorojo, perlu menerapkan ISO 9001: 2015 yang merupakan standar internasional Sistem Manajemen, agar secara efektif dan efisien dapat menjaga dan meningkatkan mutu sekolah. Serta tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan sekolah yang berbasis Information Communication Technology (ICT) agar sekolah berwawasan global pada 2020 dapat tercapai.

Pembinaan seni budaya pada sekolah binaan YPA-MDR di Kabupaten Pacitan sebagai bagian dari pola pembinaan 4 pilar telah menghasilkan karya seni berupa pagelaran wisata seni budaya “Festival Klayar” yang rutin diadakan setiap tahun.

Selain itu, kata dia, pembinaan seni budaya akan dilanjutkan dengan pembentukan sanggar seni budaya di Donorojo. Untuk itu YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi berbagai pihak yang mendukung terwujudnya sanggar tersebut.

YPA-MDR berharap semua sarana prasarana yang telah dibangun ini dapat menunjang proses belajar – mengajar dan meningkatkan semangat belajar para siswa untuk produktif berkarya serta sebagai tempat menjadikan siswa yang handal dan mandiri.

“YPA-MDR mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang terkait dalam pembinaan dan juga pembangunan gedung sekolah SMKN 2 Donorojo dan berharap cita-cita YPA- MDR untuk menjadikan generasi muda yang mandiri dan mampu membangun daerahnya dapat terwujud,”pungkasnya. (RAPP002)