Semakin cepat, urus Paspor kini hanya 2 hari

oleh -22 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Inovasi tiada henti terus dilakukan oleh Kantor Imigrasi kelas III non TPI Ponorogo, setelah melaunching layanan keimigrasian bagi orang yang sakit yaitu Emergency Service Pasport Immigration, kini Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo tersebut melaunching percepatan pelayanan bagi pemohon Paspor.

Aprian Bayu Seta, SH, Kasubsi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Keimigrasian Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo, menjelaskan bahwa instansi nya terus berupaya maksimal meningkatkan pelayanan bagi pemohon paspor.

“Sistem kami memungkinkan untuk mempersingkat pembuatan paspor, “terang Aprian kepada Pacitanku.com, Senin (17/6/2019).

Selama ini, proses pembuatan paspor memakan waktu hingga 3 hari setelah membayar baru jadi. Namun dengan penerapan aplikasi baru Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) versi 2 sejak tanggal 18 Maret 2019 dan pengoptimalan Sumber Daya Manusia yang ada, Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo membuat terobosan berupa pelayanan paspor dua hari jadi setelah membayar, sambung Bayu, panggilan akrabnya.

Bayu, juga menjelaskan bahwa pelayanan tersebut bisa dilakukan asalkan sistem yang ada berjalan normal dan lancar. “Sistem kami tersebut masih baru dan terus disempurnakan, ada kalanya mengalami trouble dan menunggu selama proses maintenance. Hal ini bisa menyebabkan proses penyelesaian permohonan paspor bisa lebih dari dua hari seperti yang dijanjikan,” jelas Bayu.

Dimasa yang akan datang, Bayu berharap pelayanan percepatan pelayanan Keimigrasian terus bisa dilaksanakan. ” Komitmen kami adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.” Pungkasnya.

Seorang warga yang mengurus Paspor asal Kecamatan Jetis Ponorogo, Rohana, dirinya mengaku senang dengan kecepatan pelayanan yang diberikan oleh Kanim Kelas III Non TPI Ponorogo.

“Dua hari setelah membayar paspor saya sudah jadi mas. Ini tinggal mempersiapkan yang lain. Rencana kami, liburan sekolah ini, akan liburan ke Singapura. Penerbitan paspor yang cepat ini sangat membantu saya dan keluarga, “ucapnya saat menerima paspor dari petugas.

Pewarta: Yahya AR