Kunjungan Wisata ke Pacitan Hingga Awal Bulan Juni Capai 167.516 Wisatawan

oleh -1.210 views
Spot Selfie Pantai Klayar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan masih menjadi target kunjungan wisatawan andalan di Provinsi Jawa Timur. Hal itu dilihat berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan yang menyebutkan Pacitan menjadi target kunjungan nomor satu di Jawa Timur.

Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Budi Hartoko, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Rabu (12/6/2019) mengatakan hingga Lebaran hari ke-7 atau Senin (11/6/2019) lalu, kunjungan wisatawan memasuki angka 23 persen, angka itu belum final karena terhimpun dari lokasi-lokasi strategis seperti Pantai Klayar, Goa Gong dan Pantai Watukarung saja.

Namun demikian, Kabupaten Pacitan masih menjadi Top Se Provinsi Jawa Timur melampaui Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Probolinggo dengan Gunung Bromonya.

“Sementara totalnya 167.516 kunjungan, pesaing kita justru dari Kabupaten Gunung Kidul,”kata pria yang akrab disapa Toko ini.

Toko mengungkapkan sejak awal bulan Januari 2019 hingga bulan Juni ini, ada penurunan pengunjung wisatawan ke Pacitan. Namun demikian, dia mengatakan hal tersebut ternyata terjadi tidak hanya terjadi di Kabupaten Pacitan saja, hampir diseluruh destinasi wisata di kota lain turut merasakan kondisi tersebut.

Hal itu, kata dia, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi politik saat Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Legislatif dan Pilpres bulan April 2019 lalu. Toko mengatakan berdasarkan data daftar kunjungan, hingga saat ini puncak kunjungan masih didominasi Pantai Klayar dan Pantai Watukarung.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, sejumlah obyek wisata andalan Pacitan masih menjadi buruan utama saat libur Lebaran tahun ini.

Pantauan sejak Jumat (7/6/2019) hingga Sabtu (8/6/2019) memperlihatkan sejumlah wisata yang dikelola Pemkab Pacitan maupun Pemerintah Desa setempat ramai dikunjungi wisatawan.

Sejumlah obyek wisata yang terpantau ramai dipadati pengunjung tersebut diantaranya Pantai Klayar dan Pantai Buyutan di Kecamatan Donorojo, Pantai Watukarung, Sungai Maron dan Bukit Sentono Genthong di Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Door di Kecamatan Pacitan.

Di Pantai Klayar misalnya, pantai yang menjadi andalan di Pacitan ini dipadati pengunjung. Terlihat dari kawasan parkir pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini penuh, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat ke atas.

Kondisi serupa juga terjadi di Pantai Watukarung. Pantai yang menjadi salah satu target pengunjung saat libur Lebaran ini dipadati pengunjung.

Bahkan, Kepala Desa setempat, Wiwid Pheni Dwiantari turun tangan membantu petugas tiket akibat kemacetan yang terjadi di pintu masuk Pantai Watukarung mengular hingga 2 kilometer pada Jumat (7/6/2019).