Sejumlah Obyek Wisata di Pacitan Ramai Dipadati Pengunjung Saat Libur Lebaran

oleh -867 views
PADAT. Suasana Pantai Klayar di Donorojo yang dipadati pengunjung pada Sabtu (8/6/2019). (Foto: Wildan Nur Swi Harmoko/AP3)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Pacitan dipadati pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan Lebaran tahun 2019.

Pantauan sejak Jumat (7/6/2019) hingga Sabtu (8/6/2019) memperlihatkan sejumlah wisata yang dikelola Pemkab Pacitan maupun Pemerintah Desa setempat ramai dikunjungi wisatawan.

Sejumlah obyek wisata yang terpantau ramai dipadati pengunjung tersebut diantaranya Pantai Klayar dan Pantai Buyutan di Kecamatan Donorojo, Pantai Watukarung, Sungai Maron dan Bukit Sentono Genthong di Kecamatan Pringkuku dan Pantai Pancer Door di Kecamatan Pacitan.

Di Pantai Klayar misalnya, pantai yang menjadi andalan di Pacitan ini dipadati pengunjung. Terlihat dari kawasan parkir pantai yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo ini penuh, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat ke atas.

Baca juga: Spot Swafoto dan Penataan Kawasan Pantai yang Bikin Klayar Semakin Cantik

Sementara, di Pantai Buyutan yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo juga ramai pengunjung. Bahkan antrian kendaraan yang hendak masuk ke Pantai Buyutan sempat macet.

“Ramai lancar mas, macet karena jalan yang masih sempit,”kata Eko Rias, salah satu pengelola kawasan Pantai tersebut.

Di Kecamatan Pringkuku, tiga obyek wisata andalan di Kecamatan setempat, yakni Sungai Maron di Desa Dersono, Pantai Watukarung di Desa Watukarung dan Sentono Genthong Hills turut dipadati pengunjung.

Pada Sabtu (8/6/2019) sore, sungai Maron dipadati pengunjung yang hendak menikmati sensasi mengarungi keindahan Sungai Maron yang bermuara di Pantai Ngiroboyo, Donorojo.

Sementara, di bukit Sentono Genthong juga dipadati pengunjung, baik yang menikmati panorama Pacitan dari atas bukit, maupun yang hendak menikmati sensasi terbang paralayang tandem di kawasan tersebut. Pengelola setempat juga mengerahkan tim Satuan Karya Pramuka (Saka) membantu pengkondisian kawasan parkir Sentono Genthong.

Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan shuttle antar jemput untuk wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pacitan saat libur Lebaran di Sentono Genthong.

Kondisi serupa juga terjadi di Pantai Watukarung. Pantai yang menjadi salah satu target pengunjung saat libur Lebaran ini dipadati pengunjung.

Baca juga: Tujuh Wisatawan Terkena Sengatan Ubur-ubur Saat Berlibur di Pantai Watukarung

Bahkan, Kepala Desa setempat, Wiwid Pheni Dwiantari turun tangan membantu petugas tiket akibat kemacetan yang terjadi di pintu masuk Pantai Watukarung mengular hingga 2 kilometer pada Jumat (7/6/2019).

Wiwid mengatakan membludaknya pengunjung yang menikmati keindahan Pantai Watukarung tersebut mencapai puncaknya pada Sabtu (8/6/2019).

“Kunjungan wisatawan di Kawasan Wisata Watukarung pada hari Jum’at, 7 Juni 2019 sejumlah 6.667 orang. Sedangkan pada hari Sabtu, 8 Juni 2019 sejumlah 8.139 orang,”kata perempuan yang juga Ketua Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) Pacitan ini.

Dari sejumlah pengunjung tersebut, tujuh diantaranya sempat terkena sengatan ubur-ubur saat menikmati liburan Lebaran di Pantai Watukarung, Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku pada Sabtu (8/6/2019).

Wiwid mengatakan para wisatawan tersebut terkena sengatan ubur-ubur pada Sabtu sekitar pukul 09.45 – 11.00 WIB. Para korbanm, kata dia dibawa ke Klinik Wijaya Sehat Desa Watukarung.

“Untuk diberi tindakan-pengobatan sesuai dengan SOP, dan pada saat ini korban sudah pulang ke tempat asal,”pungkas perempuan yang juga menjabat sebagai Sekretaris I ASIDEWI ini. (RAPP002)