Keinginan Terakhir Ani Yudhoyono, Ingin Membangun Galeri Kain Nusantara di Pacitan

oleh -0 Dilihat
SBY dan tiga cucunya yang lucu saat menonton ronthek di Pacitan. (Foto: Instagram Ani Yudhoyono)

Pacitanku.com, JAKARTA – Istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan, mengungkapkan keinginan mertuanya, Kristiani Herawati Yudhoyono atau Ani Yudhoyono, sebelum meninggal. Salah satunya, yakni membangun museum yang berisi koleksi dari dirinya dan sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Ibu Ani ingin sekali punya museum berdua sama bapak, museum galeri Ani. Karena selama jadi ibu negara banyak sekali koleksi beliau, terutama kain tradisional,” ujar Annisa di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Ahad (2/6).

Ia berharap dirinya dan keluarga bisa mewujudkan cita-cita Ani Yudhoyono yakni membangun galeri kain Nusantara di Pacitan. “Galeri kain itu untuk edukasi pada masyarakat. Qadarallah, memo meninggal,” ujarnya lirih.

Dia mengatakan, Ani ingin agar semua masyarakat Indonesia mendapatkan informasi dan edukasi terkait kain tradisional itu.

Selain berisi kain tradisional koleksinya, museum tersebut juga akan menampilkan karya dari presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama menjabat dua periode.”Nantinya akan ditampilkan karya dari bapak selama menjabat dan memperlihatkan apa saja yang telah mereka kerjakan,” kata Anissa. 

Ia menjelaskan, saat ini tanah untuk membangun museum tersebut sudah tersedia. Tanah yang akan dipakai until dibangun sebagai museum dan galeri itu sudah disiapkan dan berada di Pacitan yang merupakan tempat kelahiran SBY.

Annisa sendiri mengaku mendapat firasat beberapa hari sebelum wafatnya mertuanya Ani Yudhoyono. “Hari Rabu, Mas Agus (Agus Harimurti Yudhoyono) pergi ke Singapura, karena waktu itu penuh sekali. Hanya Mas Agus yang berangkat duluan,” ujar Annisa.

Pada hari Kamis pagi, usia bekam tiba-tiba ia mengantuk. Padahal biasanya habis bekam langsung beraktivitas. Dalam mimpinya saat tidur, Ani Yudhoyono memanggilnya. “Beliau kalau manggil saya suaranya khas sekali. Mom, mom begitu dia manggil sekali. Itu terasa nyata. Kemudian saya jawab, dalam mimpi itu saya bawa barang dan jatuh, Memo (Ani Yudhoyono) di bawah tangga memanggil,” kenang dia.

Waktu itu, Annisa sadar bahwa itu mimpi. Namun ia berusaha tidak bangun dan ingin mendengar apa yang dikatakan mertuanya itu. Tak lama, Ani Yudhoyono meminta “curriculum vitae” suaminya, Annisa menanyakan untuk apa.

“Kan Memo dan Pepo mau pisah. Saya tanya mau kemana Memo, lalu beliau jawab mau mencari aktivitas lain,” kenang Annisa.

Kristiani Herawati atau yang dikenal dengan Ani Yudhoyono merupakan Ibu Negara RI periode 2004-2014 . Ani wafat Sabtu (1/6) karena menderita kanker darah setelah dirawat selama empat bulan di National University Hospital (NUH), Singapura.