Bupati Pacitan Ingatkan Jaga Persatuan di Momen Kebangkitan Nasional

oleh -417 views
Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Pacitan pada Senin (20/5/2019). (Foto: SRW/RAPP002)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengingatkan rakyat terus menjaga persatuan pada momentum peringatan kebangkitan nasional sebagai upaya memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Hal itu disampaikan Indartato saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika saat menjadi inspektur dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dan Bulan Bakti Gotong Royong ke-16 pada Senin (20/5/2019) di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini,”kata Indartato.

Dia mengatakan dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimakna dengan teks Sumpah Palapa tersebut.

“Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita, kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,”ungkapnya lagi.

Lebih lanjut, Indartato mengungkapkan telah lebih satu abad Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan  penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

Sehingga, kata dia, dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, Indonesia membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan  sampai detik ini.

Oleh sebab itu, Indartato mengatakan tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

“Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,”pungkasnya.

Dalam kesempatan upacara tersebut, juga dilakukan penyerahan hasil lomba Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM)  dan lomba desa.

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai Perwira Upacara (Paup) Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Amin dan Komandan Upacara (Danup) Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bandar Iptu Sugeng Rusli.

Hadir juga dalam upacara tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Sekda Pacitan Suko Wiyono, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Yogi Arsono, Komandan Detasemen Meteorologi TNI-AU Pacitan Kapten Lek. M. Arfan dan sejumlah pejabat di Pacitan. (SRW/RAPP002)