Safari Ramadan, Wabup Pacitan Serahkan Bantuan untuk Warga di Donorojo

oleh
– Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo menggelar safari Ramadhan di Masjid Al-Muttaqin, Dusun Turirejo, Desa Gendaran, Donorojo, Senin (13/5/2019). (Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo menggelar safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin, Dusun Turirejo, Desa Gendaran, Donorojo, Senin (13/5/2019).

Selain Wabup, Bupati Pacitan Indartato juga mulai menggelar safari Ramadhan di Desa Tahunan Baru, Kecamatan Tegalombo. Agenda safari ramadhan tahun ini dilaksanakan selama enam hari di 12 wilayah kecamatan.

Dalam sambutannya, Yudi Sumbogo menuturkan kegiatan safari ramadan yang rutin digelar setiap tahun merupakan pengejawantahan visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan. Utamanya misi mewujudkan kesalehan sosial dan harmonisasi antar seluruh elemen masyarakat.

“Harapannya tercipta kesalehan sosial dan harmonisasi antara masyarakat dengan masyarakat, dan antara masyarakat dengan pemkab,” kata dia, seperti dikutip Pacitanku.com dari Humas Pemkab Pacitan pada Selasa (14/5/2019).

Dengan terwujudnya kedua hal tersebut akan terbentuk suasana kehidupan masyarakat yang kondusif, adem ayem, aman, dan tenteram. Komitmen membentuk hubungan sosial yang sehat itu ditunjukkan pemkab selama enam tahun terakhir.

Sejak tahun 2013 sampai sekarang nilai alokasi untuk pengembangan 2.169 masjid maupun mushola mencapai lebih dari Rp 33 miliar. Sedangkan bantuan untuk 406 lembaga organisasi kemasyarakatan nilai total bantuan hampir menyentuh angka Rp 12 miliar.

Yudi menyampaikan bahwa puasa merupakan bentuk ibadah yang memancarkan hikmah. Bukan saja bagi pembentukan keshalehan individu seseorang, melainkan juga bagi peningkatan keshalehan sosial.

“Ketaqwaan yang menjadi sasaran utama pelaksanaan ibadah puasa, memiliki dimensi pembinaan yang komplit, baik bagi pembentukan kualitas hidup orang perorang maupun bagi upaya penciptaan kehidupan secara sosial,” terangnya.

Pada kesempatan itu Yudi menyerahkan bantuan sosial untuk warga kurang mampu dan tempat ibadah. Diantaranya paket sembako dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bantuan karpet sajadah dan Al-Quran untuk Masjid Al-Muttaqin, serta bantuan uang tunai ke enam unit masjid dengan nilai bervariasi, antara Rp 10-50 juta. (Humas Pemkab)