Ada Wisata Naik Paralayang Saat Lebaran di Sentono Genthong, Tertarik?

oleh -622 views
Liga seri 3 paralayang yang digelar di Sentono Gentong. (Foto: Dok Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU –  Liburan di Pacitan saat Lebaran nanti, coba mampir ke Puncak Bukit Sentono Genthong di Desa Dadapan, Pringkuku. Ada aktivitas seru yang bisa dicoba di bukit tersebut yaitu terbang dengan paralayang.

Pengelola obyek wisata bukit Sentono Genthong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku berencana membuka wahana paket terbang tandem paralayang di Sentono Genthong saat Lebaran 1440 H.

Salah satu pengelola setempat, Rina Susiantri saat berbincang dengan Pacitanku.com pada Senin (13/5/2019) menuturkan direncanakan wahana paralayang tersebut akan dibuka untuk umum dengan model terbang tandem.

Terbang tandem adalah terbang paralayang dengan pilot atau instruktur bersertifikasi. Tak perlu kesulitan untuk bisa terbang tandem. Anda cukup mengikuti instruksi dari instruktur tandem paralayang sebelum terbang.

Tandem penerbangan menggunakan sebuah sayap yang cukup besar untuk menampung dua orang, seorang instruktur dan penumpang. Setiap orang memiliki jok sendiri, yang melekat bersama-sama, dengan penumpang di depan, dan pilot tepat di belakang.

“Yang mau terbang silahkan nanti Lebaran kami informasikan untuk bisa tandem cukup dengan Rp500 ribu, bisa muter-muter di langit, jika tertarik bisa hubungi kami di 082142146725 atas nama Rina,”kata dia.

Lebih lanjut, Rina mengungkapkan untuk jadwal pasti terkait terbang paralayang tersebut masih didiskusikan dengan tim yang berada di Malang. “Kemungkinan antara H+5 sampai H+10 Lebaran, masih atur jadwal dengan tim yang di Malang,”ujar dia.

Aksi Paralayang di Sentono Genthong

Untuk diketahui, destinasi wisata yang satu ini juga terbilang masih baru karena baru mulai dikembangkan pada tahun 2018. Sentono Gentong berlokasi di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku yang berjarak 13 kilometer atau 20 menit dari pusat kota.

Waktu tempuhnya kurang-lebih setengah jam karena harus melalui medan perbukitan. Rute termudah menuju Sentono Genthong dari Kota Pacitan adalah melalui Jalan Raya Tompak Rinjing menuju Desa Dadapan. Menjelang sampai Balai Desa Dadapan, akan dijumpai plang penunjuk jalan sederhana menuju lokasi tujuan.

Di kawasan ini, pemandangan terbuka ke arah Teluk Pacitan tampak begitu menajkubkan. Terlihat pula pasir putih Pantai Teleng Ria hingga Pantai Pancer Dor bagaikan bulan sabit. Kota Pacitan juga tampak cantik dari ketinggian.

Keindahannya kian berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya bagai dinding raksasa. Saat cuaca cerah, pagi hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke sini. Mentari yang pelahan muncul dari barisan pegunungan Pacitan di wilayah timur terlihat indah.

“Di Sentono Genthong ini ada situs Sentono Genthong yang merupakan petilasan Syeh Subakir, juga ada arena panjat tebing, paralayang, yang landing di pantai teleng ria, atau darurat, selain itu untuk fasilitas, disini ada gazebo untuk bersantai ria, keluarga, mushola, kamar mandi, area untuk melihat Pacitan dari atas bukit,”kata Rina.

Rina menjelaskan pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk dapat menikmati area indah di Sentono Genthong ini. “Dengan Rp 10 ribu sudah free shuttle, apabila pengunjung menggunakan bus besar, dan bagi pengunjung, kalau kesini, silahkan menikmati pemandangan dan tetap jaga jarak aman, dan terimakasih sudah menjaga kebersihan,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan