KPU Pacitan Gelar Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu Tingkat Kabupaten

oleh -827 views
KPU Kabupaten Pacitan menggelar rapat pleno terbuka hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 tingkat Kabupaten pada Selasa (30/4/2019). (Foto: SRW/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan menggelar rapat pleno terbuka hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 tingkat Kabupaten pada Selasa (30/4/2019) di ruang pertemuan Hotel Permata, Jalan Gatot Subroto 26 lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan.

Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo yang mewakili Bupati Indartato menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Pacitan yang telah mampu menyelenggarakan Pemilu serentak tahun 2019 dalam keadaan damai dan sukses.

“Atas nama Pemda Pacitan mengucapakan trimakasih kepada KPU, PPK, Bawaslu dan Panwascam yang telah menyelenggarakan Pemilu dengan tertib sesuai Undang-undang yang berlaku, ucapan terimakasih kepada TNI dan Polri yang telah memberikan dukungan dan pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 sehingga dalam pelaksanaan bisa berjalan aman dan kondusif,”kata pria yang akrab disapa Mbogo ini.

Secara khusus, dia juga menyoroti banyaknya penyelenggara Pemilu di Pacitan yang sakit dalam melaksanakan tugas. Di berharap para penyelenggara Pemilu yang sakit tersebut segera diberikan kesembuhan.

Dia berharap dalam kegiatan rekapitulasi yang digelar selama dua hari ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Perolehan kursi DPRD Kabupaten ditetapkan oleh KPU Kabupaten, DPRD Provinsi oleh KPU Provinsi dan DPR RI ditetapkan oleh KPU RI, dan pentingnya kegiatan rekapitulasi ini berharap kepada kontestan dan pimpinan Partai politik dapat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir,”kata dia.

Sementara, Ketua KPU Pacitan Damhudi mengatakan tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan merupakan puncak pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di Pacitan.

“Tahapan rekapitulasi tingkat Kabupaten, KPU akan membaca DA dan DAA dari PPK/ Kecamatan, terkait hasilnya yang terjadi sudah dituangkan di C1 dan lampiran,”ujarnya.

Damhudi juga menyoroti penyelenggaran Pemilu 2019, dimana banyak PPK dan Panwascam sakit kerena kelelahan. Atas kondisi itu, dia mengharapkan ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk pejuang demokrasi tersebut.

Hadir dalam agenda tersebut Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono, Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan Yogi Arsono, Kepala Pengadilan Negeri Pacitan Adjie Ariono, Kepala OPD, Bawaslu, PPK se-Kabupaten Pacitan, hingga para saksi dari Partai Politik peserta Pemilu di Pacitan.

Hingga berita ini diturunkan, agenda tersebut masih berlangsung. (SRW/RAPP002)