Kapolda: Pacitan Termasuk Kategori Aman di Pemilu 2019

oleh -1.222 views
Kapolda Jatim Luki Hermawan saat mendampingi Gubernur melakukan peninjauan jelang Pemilu. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyebut wilayah Pacitan adalah termasuk kategori wilayah aman dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Presiden dan Pemilihan Legislatif pada Rabu (17/4/2019) besok.

“Berdasarkan hasil laporan yang diterima di Polda Jatim untuk wilayah Kabupaten Pacitan termasuk kategori aman,”katanya saat menyampaikan sambutan dalam rapat koordinasi bersama Gubernur Jawa Timur terkait kesiapan KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, Selasa (16/4/2019) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Secara khusus dia mengharapkan kepada Kapolres dalam menggelar pasukan harus betul betul diperhatikan dan berkordinasi dengan TNI agar dalam pelaksanaanya pengamanan Pemilu bisa berjalan sukses.“Animo tingkat pemilih di Kabupaten Pacitan sangat tinggi, aparat harus all out dalam melaksanakan tugas negara ini.

Sementara, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Presetja Budi mengatakan dalam pelaksanaan Pemilu status Kodam adalah memberikan bantuan perkuatan kepada Polri dan saat ini sudah dilaksanakan pergeseran pasukan dalam Pengamanan Pemilu. “Setiap pergerakan satuan TNI atas komando dari Kepolisian,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim Sunarta mengatakan tupoksi dari Kejaksaan siap mengawal jalanya proses demokrasi agar berjalan aman dan sukses.“Sentra Gakumdu sudah siaga jauh hari dalam pelaksanaan Pemilu, apabila ada gugatan pelanggaran ke KPU, Jaksa Pengacara siap mendampingi,”ujar dia.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim Muhammad Amin dalam pemaparannya saat Rakor tersebut mengatakan pihak Bawaslu Jatim beserta jajaran mulai masa tenang sudah melaksanakan patroli pengawasan.

“Dan fokus kita adalah pelanggaran Money Politics yang marak terjadi akhir-akhir ini, serta terhadap berita hoaks yang mana banyak beredar mencoblos dimanapun bisa asal punya E-KTP,”kata dia.

Lebih lanjut, Amin mengatakan semua pihak sepakat berkoordinasi untuk melaksanakan pengawasan Pemilu agar dalam pelaksnaan besok berjalan damai, lancar dan sesuai aturan yang berlaku. “Harapan Bawaslu tidak ada laporan laporan pelanggaran Pemilu yang masuk,”tandasnya.

Selain menggelar rapat koordinasi di Pendopo Kabupaten, Gubernur Jatim juga meninjau salah satu TPS, yakni TPS 001 di gedung kantor Kelurahan Baleharjo, RT/RW 01/I lingkungan Kwarasan, Kelurahan Baleharjo, Kecamatan Pacitan. Dalam peninjauan di TPS itu, Gubernur melakukan pengecekan kesiapan TPS, seperti bilik suara, meja tinta, kotak suara, KPPS hingga pengawas TPS.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R Wisnoe Presetja Budi, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Ketua KPU Provinsi Jatim  Khoirul Anam, Ketua Bawaslu Jatim Muhammad Amin, Kajati Jatim Sunarta.

Kemudian hadir juga dalam koordinasi tersebut Bupati Pacitan Indartato, Ketua KPU Pacitan Damhudi bserta para komisioner KPU Pacitan, Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus HRW bersama jajarannya, Dandepom V/1 Madiun Letkol CPm Hermanto dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Pacitan. (SRW/RAPP002)