Menikmati Indahnya Panorama Pacitan dari Bukit Cakrawala

oleh -522 views

Pacitanku.com TEGALOMBO – Teman-teman Pacitanku.com, kali ini kita akan mengupas salah satu obyek wisata yang kini terus dikembangkan di kawasan perbukitan. Kawasan tersebut adalah bukit cakrawala yang terletak di Dusun Krajan, Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo.

Saat Anda berada di puncak bukit ini, Anda akan menyaksikan keindahan panorama Pacitan dari puncak pegunungan. Ada beberapa gunung dapat dinikmati keindahannya dari gardu pandang di Bukit Cakrawala seperti Gunung Lawu hingga Gunung Lima.

Lalu dimana kawasan wisata ini berada? Bukit Cakrawala yang terletak di Dusun Krajan, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo. Jika ditempuh dari pusat kota, jaraknya sekitar 38 kilometer dengan menempuh waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan.

Sesampainya di pusat kecamatan Tegalombo, ambil jalur menuju Tulakan dan sektar 4 kilometer, sampailah Anda di kawasan bukit ini.

Namun perlu diingat saat hendak mengunjungi kawasan wisata ini, dikarenakan jalur menuju obyek wisata cukup terjal, naik dan banyak tikungan, disarankan kendaraan yang dipakai dalam keadaan fit.

Adapun, kawasan ini telah diresmikan pada Kamis (27/12/2018) oleh Camat Tegalombo Djoko Putro Utomo. Peresmian kawasan wisata yang terletak di perbukitan Desa Kasihan tersebut berada di luasan lahan sekitar 5 hektar, yang dikemas untuk wisata edukasi dan wisata alam.

Bukit wisata Cakrawala ini dikembangkan Pemdes Kasihan bekerja sama dengan Tim Ekspedisi Biokonservasi (TEB) Wisata Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ekowisata yang tengah dikembangkan di kawasan perbukitan tersebut salah satunya berisikan wahana flying fox dengan panjang 232 meter.

Seperti halnya obyek wisata semacam puncak Becici di Jogja, kawasan ini menyajikan berbagai pesona alam. Selain flying fox, sejumlah fasilitas yang ada di kawasan ini diantaranya adalah berbagai macam bunga, seperti rosella dan matahari, monyet Saradan, kemudian juga ada berbagai titik spot foto gardu pandang. Bukit Cakrawala ini masih terus dalam proses pengembangan oleh pengelola setempat

Untuk harga tiket masuk, sebesar Rp3500. Nah, jika Anda mau menguji coba adrenalin, bisa menaiki flying fox dengan tarif Rp10 ribu.  

Nah, selamat memacu adrenalin dan menikmati indahnya panorama perbukitan di Bukit Cakrawala. Jangan lupa jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya. Mari kita wujudkan Pacitan sebagai the paradise of Java.