Semarak Wayang Kulit Tiga Dalang Hari Jadi Pacitan ke-274

oleh -418 views
Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk di Pacitan. (Foto: SRW/RAPP002)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-274 masih berlangsung dengan semarak. Terbaru, pagelaran wayang kulit semalam suntuk digelar untuk menyemarakkan agenda tersebut sejak Sabtu (2/3/2019) hingga Ahad (3/3/2019) di alun-alun Pacitan.

Agenda wayang kulit semalam suntuk ini menghadirkan tiga dalang sekaligus, yakni dalang Ki Gandhang Gondo Waskito, Ki Nardi Carito Mudho dan Ki Aang Thir Wiyatmoko dengan mengambil lakon “Semar Gugat Nata Jagad” yang menghadirkan bintang tamu Yati Pesek Jogja, Gareng Kabul Pacitan, Bagong Jogja dan Agnes Aggi dari Jordania.

Antusiasme dan semaraknya pagelaran wayang kulit tersebut semakin terasa saat 2.500 warga yang menonton menyaksikan aksi tiga dalang Pacitan tersebut dan juga para pelawak seperti Yati Pesek, gareng Kabul hingga Bagong Jogja.

Turut hadir dalam kesempatan itu anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. Pria yang juga putra kedua Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menyampaikan terimakasih atas undangan dalam pagelaran wayang kulit tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ibas juga mengucapkan terima kasih atas pembacaan doa dari masyarakat Pacitan untuk kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono.

Selain itu, dirinya mengungkapkan dirinya sebagai wakil rakyat kan terus mengawal program progam pemerintah yang telah diberikan untuk kesejahteraan masyarakat Pacitan.“ Pagelaran seni wayang kulit pada malam hari ini adalah merupakan upaya untuk melestarikan budaya agar tetap terjaga dan di ulang tahun ke 274 Kabupaten Pacitan kami mengucapkan selamat, semoga kedepan Pacitan lebih maju, makmur dan sejahtera,”kata dia.

Usai sambutan Ibas, dilakukan penyerahan  tokoh wayang Semar dan gunugan oleh Ibas  didampingi Bupati Pacitan dan Wakil Bupati Pacitan kepada tiga dalang, yakni  Ki Gandhang Gondo Wadkito, Ki Nardi Carito Mudho dan Ki Aang Thir Wiyatmoko.

Dalam agenda yang dihadiri sekitar 2.500 penonton itu, hadir juga Bupati Pacitan Drs Indartato, MM, Wakil Bupati Drs Yudi Sumbogo, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono, Dandim 0801/Pacitan Letkol Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, SIP, Sekretaris Daerah Drs Suko Wiyono, MM dan sejumlah tamu undangan. (SRW/RAPP002)