Menikmati Sensasi Panorama Pantai Buyutan

oleh -560 views
Keindahan Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Kekayaan alam dan pantai di Indonesia ada di Pacitan. Selain Pantai Klayar yang sudah terkenal keindahannya, ada satu lagi pantai yang bisa Anda jadikan alternatif untuk menikmati piknik bersama orang-orang tercinta. Namanya Pantai Buyutan.

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini masih satu desa dengan Pantai Banyu Tibo dan tak jauh juga dari Pantai Klayar yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. Jika ditempuh dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 40 kilometer dengan menempuh waktu 1 jam berjalanan.

Jika ingin berkunjung dan menikmati Pantai Buyutan, akses termudah menuju pantai ini adalah melalui jalur Punung- Goa Gong. Dari kawasan wisata Goa Gong ambil lurus arah ke Desa Kalak Kecamatan Donorojo.

Di perempatan Kalak belok kiri, melewati Pasar Kalak. Setelah pasar ada pertigaan, ambil jalan yang kanan, kalau jalan yang kiri menuju Pantai Klayar. Ikuti terus jalan utama, sekitar dua km hingga ada penunjuk arah ke Pantai Buyutan.

Ikuti terus jalan tersebut nanti akan sampai area persawahan yang luas. Nah diujung area persawahan itulah letak Pantai Buyutan.

Sebelum sampai ke Pantai, Anda juga akan menikmati padang sabana dan sawah milik warga yang bisa dijadikan tempat untuk mengabadikan momen indah.

Untuk aksesnya, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Hal itu dikarenakan jalanan belokan, tikungan, tanjakan dan turunan kerap kali dijumpai di jalur menuju ke pantai ini. Bahkan hingga tepi pantai, turunan tajam juga harus Anda lewati jika Anda ingin memarkir kendaraan di tepi pantai.

Yang unik, pantai dengan karang mahkota yang terletak tidak jauh dari bibir Pantai ini juga menghadirkan hamparan pasir putih yang luas dan eksotis. Salah satu yang menjadi keunikan di Pantai ini adalah teradapat nya batu karang berbentuk seperti mahkota, ada yang menyebut kerang tersebut dengan Mahkota Narada.

Keindahan Watu Narada Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Yang dimaksud karang tersebut adalah batu besar yang terbentuk sedemikian rupa hingga menyerupai mahkota. Karang ini sekaligus menjadi salah satu ikon pantai ini. Batu karang mahkota Dewa Narada ini juga dapat dijadikan sebagai spot foto keren.

Selain itu, perbukitan karang di Pantai Buyutan ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berkemah, melihat sunset hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak.

Pengunjung yang berkemah dapat memimilih area dengan sabana yang datar dengan menyalakan api unggun dan diringi debur suara ombak akan membuat suasana malam makin syahdu.

Di sisi lain, perbukitan yang diselimuti sabana hijau, ombak biru laut yang memukau serta hamparan pasir yang menawan dan pepohohan rindang yang sejuk menjadikan pantai ini sangat memanjakan mata.

Pantai Buyutan akan semakin mempesona, jika dikunjung sore hari pemandangan lembayung senja dan matahari tenggelam serta saat pagi hari menyaksikan momen terbitnya matahari dengan siluet yang sangat indah.

Dan kini, seiring semakin banyaknya pengunjung, tentunya Pantai Buyutan semakin dibenahi. Akses jalan kini sudah dibangun sampai tepi pantai. Fasilitas seperti sarana toilet, mushola, lapak pedagang hingga kawasan souvenir sudah ada di kawasan ini.

Selamat menikmati keindahan Pantai Buyutan teman-teman.