Dandim 0801/Pacitan Ajak Banser Bela Negara untuk Menjaga NKRI

oleh -434 views

Pacitanku.com, PACITAN — Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang berbagi materi wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada ratusan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU).

Pemberian materi Wasbang tersebut disampaikan Aris kepada 119 peserta Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Satkorcab Pacitan pada Sabtu (23/2/2019) di Gedung Wisma Atlet Jalan WR Supratman Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan.

Dalam penyampaian materinya, Aris menyinggung terkait peran pemuda untuk kemerdekaan Indonesia serta peran Banser untuk menjaga Indonesia.

“Banyak organisasi Pemuda yang ikut andil dalam kemerdekaan Indonesia yang digerakkan oleh Budi Utomo, Budi Utomo sebagai cikal bakal lahirnya organisasi organisasi Pemuda di Indonesia,”kata dia.

Lebih lanjut, Aris menyampaikan  Indonesia terbentuk dari beberapa suku dan agama dan ras, itulah sebagai modal sebagai dasar yang namanya NKRI.

“Identitas sebuah Negara adalah kesepakatan yang secara administratif di setujui oleh seluruh warga Negara dan harus mempunyai Lagu Negara, Bendera dan lambang Negara.

Dengan ideologi Pancasila, kata Aris, sering diterjemahkan macam macam karena dalam sila-sila ada idiologi terbuka jadi bisa diterjemahkan oleh semua orang.

“Saat ini ideologi, politik dan sosial terpengaruh oleh teknologi, itu sebagai tanda teknologi sedang memimpin peradaban manusia, ini adalah sebuah tantangan yang besar harapan kita masyarakat Indonesia bisa melewati semua tantangan ini,”ungkap dia.

Secara khusus, Dandim berharap TNI bersama elemen bangsa termasuk Banser, untuk selalu membela negara dan menjaga NKRI.

“Banser bersama dengan TNI sama posisinya dalam Bela Negara, kita tidak boleh membiarkan suatu organisasi yang tidak sesuai dengan Pancasila berkembang di Indonesia,”papar dia.

Dia juga berpesan agar anggota Banser selalu loyal dan perteguh struktur organisasi, karena hal itu adalah  modal penting untuk melaksanakan tugas dengan baik.

“Tugas Banser deteksi, cegah dan laporkan apabila ada hal- hal yang tidak sesuai,”pungkas dia.

Hadir dalam kegiatan Nanang pengurus Banser Jawa Timur dan pelatih serta instruktur Susbalan. (SRW/RAPP002)