Belasan Desa di Pacitan Terdampak Cuaca Ekstrem Angin Kencang

oleh -631 views
Gapura di Jalan Raya Pacitan - Ponorogo, Ngawen Semanten Pacitan rusak terkena angin kencang. (Foto: BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mencatat setidaknya 17 desa dari tujuh kecamatan di wilayah tersebut terdampak cuaca ekstrem angin kencang sejak Selasa (22/1/2019) hingga Rabu (23/1/2019) kemarin.

Dalam siaran pers BPBD yang diterima Pacitanku.com pada Kamis (24/1/2019), wilayah terdampak cuaca ekstrem dan angin kencang tersebut adalah Desa Semanten, Desa Widoro, Desa Sirnoboyo dan Desa Sambong di Kecamatan Pacitan.

“Kemudian Desa Sidomulyo, Desa Wiyoro, Desa Nglegok, Bogoharjo, Desa Cangkring, Desa Nogosari dan Desa Ngadirojo di Kecamatan Ngadirojo,”kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo.

Kejadian lain yang terjadi adalah di Desa Sudimoro di Kecamatan Sudimoro, Desa KlesemKecamatan Kebonagung, Desa Tinatar Punung, Desa Tumpuk dan Desa Bandar di Kecamatan Bandar dan Desa Candi di Kecamatan Pringkuku.

Cuaca ekstrem tersebut menimbulkan satu peristiwa tanah retak yang terjadi di Desa Tinatar, Kecamatan Punung. Akibat tanah gerak, satu keluarga yakni keluarga Marsus, warga RT/RW 03/II Dusun Krajan Desa Tinatar Kecamatan Punung diungsikan.

Selain itu, kata Didik, cuaca ekstrem juga menyebabkan angin kencang dan mengakibatkan pohon tumbang dan sejumlah bangunan terdampak.

Angin kencang tersebut membuat pohon tumbang dan sempat menutup dua akses jalan, pohon tumbang juga menimpa delapan rumah warga, satu balai desa, dua pos kamling, satu gapura dan satu fasilitas umum terdampak angin kencang.

Tak hanya itu, sebanyak tujuh tiang listrik dan kabel mengalami putus, satu jembatan dan satu sepeda motor  terdampak angin kencang. Selain itu, bencana tersebut juga mengakibatkan satu korban mengalami luka-luka. Korban luka adalah Setianingsih, warga RT/RW 01/XI Dusun Tukul, Desa Sambong, Kecamatan Pacitan yang mengalami luka di kepala.

Data titik terdampak akibat peristiwa cuaca ekstrem dan angin kencang tersebut kemungkinan masih bertambah, menyusul sejumlah kejadian yang masih terjadi di wilayah Pacitan pada Kamis (24/1/2019). (RAPP002)

Peta terdampak bencana angin kencang pada Selasa-Rabu kemarin. Keterangan: data bisa bertambah (Foto: BPBD Pacitan)