Jokowi Janji Waduk Bendo di Ponorogo Selesai Tahun ini

oleh -0 Dilihat
Jokowi mengunjungi Waduk Bendo Ponorogo. (Foto: Setkab RI)

Pacitanku.com, PONOROGO – Presiden Joko Widodo meninjau Waduk Bendo, di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019). Waduk Bendo ini memiliki kapasitas untuk menampung 43 juta kubik air, dan nantinya akan bisa mengairi kurang lebih 7.700 hektar.

“Kita harapkan dulu yang hanya panen sekali jadi tiga kali yang dua kali jadi tiga kali. Sangat penting sekali untuk pengairan sawah-sawah tapi juga untuk air baku,” kata Presiden Jokowi dikutip dari laman Setkab RI.

Saat ini, menurut Presiden, pembangunan Waduk Bendo itu baru mencapai 77 persen. Akhir tahun 2019 ini diharapkan bisa diselesaikan seluruh proses pembangunannya. “Akhir tahun, insyaallah sudah selesai,” kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan di Jawa Timur ini banyak sekali waduk yang sedang dibangun. Ada Waduk Bendo, Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Bagong, banyak sekali karena memang itu yang diperlukan Jawa Timur sebagai lumbungnya pangan Indonesia.

Mengenai swasembada pangan, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah menyelesaikan dulu pembangunan bendungan.

Ada 49 bendungan baru yang dalam proses pembangunan, dan 16 yang juga dalam proses pembangunan.

“Ini diselesaikan dulu semuanya baru bicara nanti primernya sampai tersiernya di sawah. Baru bicara itu,” ucap Presiden Jokowi.

Dia mengatakan hal ini memang proses jangka panjang yang memang harus dilalui karena waduk kita juga jumlahnya baru sedikit sekali sehingga perlu semakin banyak waduk, penampungan air, juga embung-embung yang lebih kecil.

Dalam kegiatannya, Presiden didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.