Untuk Wisatawan yang Berkunjung ke Pacitan, Simak Imbauan BPBD ini

oleh -0 Dilihat
Para Wisatawan sedang menikmati pantai Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)
Para Wisatawan sedang menikmati pantai Ngiroboyo (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan meminta kepada para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata di Pacitan di akhir tahun untuk mawas diri terutama di titik rawan bencana di Pacitan.

“Khususnya bagi wisatawan, himbauannya, karena pada bulan desember ini intensitas hujan mulai rendah sampai tinggi, dimohon kepawa wisatawan yang selalu mawas diri,”kata Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannita Agustinawati saat berbincang dengan Pacitanku.com pada Selasa (25/12/2018) di ruang kerjanya di Jalan Walanda Maramis nomor 9 Lingkungan Barean, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Dian mengatakan salah satu titik rawan bencana adalah jalan masuk ke Pacitan, utamanya di Pacitan-Ponorogo.

“Waspadai, utamanya wisatawan yang mau ke wisata kabupaten Pacitan, karena kita tahu sendiri jalan masuk ke Pacitan jalan dilalui tebing, banyak titik longsor, khususnya wilayah Pacitan-Ponorogo,”tandas dia.

Saat ini, kata dia, pihak BPBD bekerja sama dengan lintas elemen di Pacitan terus berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pacitan

“Kita dari Pemda, BPBD, PU, Bina marga Provinsi, Satpol PP, TNI Polri, Dinkes, saat ini tiap hari selalu mengecek, khususnya di wilayah wisata di Kabupaten Pacitan. Dengan harapan masyarakat yang bekrunjung ke Pacitan Merasa aman dan nyaman,”ujar dia,

Disaat seperti ini, kata Dian, Pemerintah setempat terus berupaya memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Sebagai langkah pengamanan, Dian menuturkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD berkeliling ke beberapa kawasan wisata selama libur Natal dan Tahun baru 2019.

“Untuk pengamanan semua, tiap hari mobile, di Teleng Ria ada, kemudian di Srau, watukarung, Klayar, hari ini (Selasa-red) di wilayah timur, seperti di Soge dan Taman. Dan kita setiap pagi melakukan apel bersama di halaman Pendopo Kabupaten, khususnya dalam liburan Natal dan Tahun baru,”ungkap dia.

Langkah BPBD menyiagakan TRC di sejumlah objek wisata guna memantau keamanan, sekaligus tindakan mitigasi mengantisipasi bencana saat libur panjang hingga awal tahun baru 2019.

Kesiapsiagaan itu tidak hanya unsur BPBD, pengamanan terpadu juga melibatkan jajaran lain, seperti kepolisian, TNI, pramuka, satpol PP, dinas kesehatan, dan Orari.Pengamanan sebagian difokuskan di titik-titik pos pantau yang sudah dipersiapkan untuk memantau arus mudik dan balik libur Natal dan tahun baru.

Pewarta: Dwi Purnawan