SBY Sayangkan Atribut Kedatangan Dirinya di Riau Dirusak

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PEKANBARU – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sangat menyayangkan insiden pengrusakan baliho dan atribut Partai Demokrat dirusak orang tak dikenal saat kunjungannya ke Kota Pekanbaru, Riau.

Pria yang akrab disapa SBY ini berjalan kaki menyisiri Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru untuk melihat langsung baliho dan atribut partai berlambang mercy itu yang telah dirusak .

“Dini hari saya menerima laporan bahwa baliho selamatdatang dan bendara partai dirusak. Kemudian saya tidak langsung percaya. Pagiini saya melihat langsung ternyata benar baliho dirobek serta bendara partaidibuang ke selokan, saya sangat menyayangkan kejadian ini” kata Susilo Bambang Yudhoyono di Pekanbaru, Sabtu (15/12/2018).

Dia menyayangkan kunjungan yang dilakukan saat tahun politik ke Riau diwarnai insiden tak menyenangkan. Dia mengharapkan agar apapun pilihan politiknya, setiap orang harus saling menghormati perbedaan.

“Saya sempat tanyakan saudara kami di Riau apakah sudah berubah? Selama 10 tahun memimpin, saya mengenal karakter akhlak saudara kami di Riau saling menghormati dan menghargai apapun perbedaan politiknya,” tegasnya, seperti dikutip dari Antara.

Dia memerintahkan Sekjend dan pengurus Partai Demokrat Riau dan Pekanbaru untuk mencabut semua bendera dan spanduk Partai Demokrat.

“Saya perintahkan kepada Sekjen, pemimpin Demorkat Riaudan Pekanbaru agar semua atribut ucapan selamat datang atas kunjungan saya keRiau dan bendera Demokrat diturunkan, lebih baik kita mengalah dan diturunkandaripada bendera, baliho kita dirobek, diturunkan, diinjak. Sama saja dengan merobek saya, menginjak dan dibuang ke selokan,” kata pria kelahiran Tremas, Arjosari, Pacitan ini.

SBY berjalan dari kantor DPRD Riau menuju atribut Partai Demokrat dan baliho bergambar dirinya robek.

Bahkan beberapa spanduk dibuang ke parit. Bendera-bendera biru berlambang mercy remuk. Tiangnya patah semua. Namun beberapa benderaparpol lainnya, seperti Golkar, PDIP dan Nasdem baik-baik saja.

Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar mengatakan, pihaknya baru mengetahui hal tersebut pada pagi ini, dan mereka sangat menyayangkan sekali hal tersebut.”Ada pihak yang sengajamenghancurkan baliho-baliho kami yang ada di Pekanbaru, bendera-bendera besar kami dicabut, kami tidak terima akan hal ini,” kata ketua Asri Auzar.

Terpisah, Polri menyatakan telah menangkap seorang terduga perusak atribut Partai Demokrat di Kota Pekanbaru, yang insiden itu terjadi bersamaandengan kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diProvinsi Riau.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Sabtu mengatakan saat ini penyidik Polresta Pekanbaru masih terusmendalami keterangan terduga pelaku tersebut.”Laporan diterima Polresta Pekanbaru. Sementara satu orang diduga pelaku masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik,” kata Sunarto singkat.

Sunarto menjelaskan terduga pelaku yang diamankan Polresta Pekanbaru tersebut merupakan seorang laki-laki berinisial HS.

Namun, Sunarto belum menjelaskan secara rinci motif HS melakukan tindakan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa pemeriksaan masih terus dilakukan penyidik Polresta Pekanbaru.”Masih dilakukan pemeriksaan,” ujarnya singkat.