Banjir di Pacitan Berangsur Surut

oleh -4 Dilihat
Kawasan desa Sirnoboyo, banjir mulai surut. (Foto: Andri Kacak/FB)

Pacitanku.com, PACITAN – Bencana alam banjir yang terjadi pada Jumat (7/12/2018) malam di sejumlah titik di Kecamatan Kebonagung dan Kecamatan Pacitan dikabarkan sudah mulai berangsur surut pada Sabtu (8/12/2018)pagi.

Di kawasan Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung sudah surut pada Sabtu (8/12/2018) pagi, tinggal menyisakan kondisi jalan yang tertutuplumpur sepanjang 300 meter.

Sementara di wilayah kota, banjir yang sempat menggenangi sejumlahtitik di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan juga dikabarkan sudah mulai surut pada sabtu pagi. Di Dusun Ngemplak, Dusun Suruhan dan Dusun Mendole diSirnoboyo surut, hanya menyisakan kawasan Dusun Krajan, dimana jalanan masih tergenang air.

Banjir ini sendiri disebabkan karena hujan lebat yangmengguyur wilayah kabupaten Pacitan sejak Jumat (7/12/2018) sore. Akibat banjir akibat luapan Sungai Jelok yang merupakan anak sungai Grindulu ini menyebabkan permukiman warga dan lahan pertanian tergenang. Selain itu akses transportasi yang melalui jalan lintas selatan (JLS) ruas Pacitan-Kebonagung juga sempat terganggu.

Bahkan, pada Jumat malam, warga sempat mengungsi. Tak hanya warga yang terdampak banjir, Puskesmas Kebonagung jugaterdampak banjir. BPBD, Tagana dan jajaran Dinas kesehatan langsung mengevakuasi warga yang terdampak banjir, beberapa pasien Puskesmas Kebonagungsecepatnya dievakuasi dengan menggunakan Ambulan menuju RSUD dr Darsono Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan pihaknya melalui dinas terkait segara melakukan pembenahan tanggul jebol yang menjadi penyebab banjir di kawasan Pacitan pada Jumat (7/12/2018) malam.

“Saya bersama jajaran SKPD dan BPBD untuk terjun langsung membantu mengevakuasi warga yang terisolir banjir, dan nanti kami akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk secepatnya membenahi tanggul yang jebol dari anak sungai grindulu,”kata Indartato saat mendatangi lokasi banjir di kawasan Desa Kayen dan Sukoharjo, Kecamatan Pacitan, Jum’at(7/12/2018) malam.

Selain banjir, sebanyak empat warga di RT/RW 02/II DusunJambu, Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dikabarkan terdampak bencana alam tanah longsor pada Jumat (8/12/2018)malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Adapun identitas keempat korban tersebut adalah Misgiman, Sogirah (istri Misgiman), Inem dan Bogiyem (Mertua). Hingga berita ini diturunkan, korban dikabarkan belum bisa di evakuasi dari dalam rumah dan belum diketahui kondisinya. (RAPP002)

No More Posts Available.

No more pages to load.