Pacitan Diprediksi Masuki Awal Musim Hujan November 2018

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin

Pacitanku.com, PACITAN –  Sebagian wilayah di Kabupaten Pacitan diprediksi sudah memasuki awal musim hujan 2018/2019 mulai Bulan November 2018.

Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso Malang memprediksi bulan November 2018 adalah sudah memasuki musim penghujan di Jawa Timur, salah satunya di Pacitan.

Informasi yang diperoleh Pacitanku.com dari BMKG Karangploso Malang, prakiraan sifat hujan bulan November 2018 diketahui berdasarkan pemantauan, perhitungan serta analisis aktifitas dan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia dan sekitarnya sampai dengan awal bulan Oktober 2018.

Sehingga, dapat diprakirakan sifat hujan bulan November 2018 di Pacitan dengan kriteria bawah normal (50 – 84%), normal (85 – 115 %). Adapun hujan terjadi di sebagian kecil Ngadirojo, sebagian besar Sudimoro, sebagian kecil Sudimoro, sebagian besar Ngadirojo, seluruh Arjosari, Bandar, Donorojo, Kebonagung, Nawangan, Pacitan, Pringkuku, Punung, Tegalombo, dan Tulakan.

Selain itu, BMKG juga memprediksi prakiraan curah hujan bulan November 2018 berdasarkan pantauan, perhitungan serta analisis aktifitas dan dinamika atmosfer sampai dengan awal bulan Oktober 2018 dapat diprakirakan curah hujan pada bulan November 2018 di Pacitan kisaran 201 – 300 mm  dan 301 – 400 mm.

Curah hujan sebagian besar Ngadirojo, Tegalombo, dan Tulakan. Kemudian seluruh : Arjosari, Bandar, Donorojo, Kebonagung, Nawangan, Pacitan, Pringkuku, Punung, dan Sudimoro. Sebagian kecil di Ngadirojo dan Tegalombo. Dan sebagian Tulakan.

Pada bulan Desember, sifat hujan normal (85 – 115 %) dan atas normal (116 – 150 %). Terjadi di sebagian kecil Kebonagung dan Tegalombo, sebagian besar Arjosari, Bandar, Pacitan, dan Pringkuku, seluruh Donorogo, Nawangan, dan Punung, sebagian kecil Arjosari, sebagian Bandar, Pacitan, dan Pringkuku, sebagian besar Kebonagung dan Tegalombo, seluruh Kebonagung, Ngadirojo, Sudimoro, dan Tulakan.

Selanjutnya, pada bulan Desember, curah hujan 301 – 400 mm dan 401 – 500 mm. Ini meliputi sebagian besar Ngadirojo, Tegalombo, dan Tulakan, seluruh Arjosari, Bandar, Donorojo, Nawangan, Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, Punung, dan Sudimoro, sebagian kecil Tegalombo dan Ngadirojo dan sebagian Tulakan.

Pada bulan Januari 2019, sifat hujan normal (85 – 115 %), atas normal (116 – 150 %). Ini meliputi sebagian kecil Donorojo dan Ngadirojo, sebagian Punung, sebagian besar Arjosari, Sudimoro, dan Tegalombo, seluruh Bandar dan Nawangan, sebagian Arjosari, Sudimoro, dan Tegalombo, sebagian besar Donorojo, Ngadirojo, dan Punung, seluruh Kebonagung, Pacitan, Pringkuku, dan Tulakan.

Adapun curah hujan pada Januari 2019 diprediksi 301 – 400 mm dan 401 – 500 mm. Ini meliputi sebagian besar Ngadirojo, Pacitan, Pringkuku, Tegalombo, dan Tulakan. Kemudian seluruh Arjosari, Bandar, Donorojo, Kebonagung, Nawangan, Punung, dan Sudimoro. Selanjutnya sebagian kecil Ngadirojo, Pringkuku, dan Tegalombo. Serta sebagian Pacitan dan Tulakan. (RAPP002)