Polres Pacitan Adakan Bedah Rumah Ala “Bandung Bondowoso”

oleh -1 Dilihat
Kapolres Pacitan menggelar bakti sosial bedah rumah ala Bandung Bondowoso dengan membedah rumah milik Eko Paimin, warga RT/RW 03/V Dusun Tosono, Desa Ketepung Kecamatan Kebonagung. (Foto: Elsi Budi Cahyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor Pacitan menggelar bakti sosial bedah rumah ala Bandung Bondowoso dengan membedah rumah milik Eko Paimin, warga RT/RW 03/V Dusun Tosono, Desa Ketepung Kecamatan Kebonagung.

Rumah milik Eko Paimin, buruh ini belum memiliki rumah layak huni seperti para tetangganya. Rumah Eko tersebut berupa gubuk bambu dan berlantai tanah liat, begitu juga dengan atapnya jika hujan tiba atapnya selalu bocor.

Hal itu membuat Kapolres Pacitan AKBP Setyo K Heriyatno bersama jajarannya bersepakat untuk menyisihkan sedikit rejeki pada setiap Senin saat apel pasukan dengan seiklasnya guna membantu siapa saja yang membutuhkan.

Pembangunan rumah Eko Paimin yang berukuran 3 Meter X 5 Meter tersebut hanya memakan waktu empat hari kerja mulai dari pengerjaan 0 persen hingga 100 persen dan rumah sudah siap dihuni. Inilah yang kemudian disebut bedah rumah ala bandung Bondowoso.

“Hal seperti ini bukan hal yang baru bagi kami, setiap hari senin kami menyisihkan rejeki yang kita terima untuk dikumpulkan sekiklasnya, dan setelah terkump kita guna untuk membantu sesama dan siapa saja yang membutuhkan. Bahkan tak hanya bedah rumah saja, bantuan air bersih pun juga kita salurkan. Begitu juga anggota kita yang membutuhkan,” ulas Setyo K Heriyatno Kapolres Pacitan, Jumat ( 26/10/2018 ).

Dia mengatakan menurut laporan dari Polsek Kebonagung, bahwa ada salah satu warga yang rumahnya belum layak huni seperti warga lainnya. Maka itu kita bantu dengan iuran setiap hari Senin yang kita kumpulkan tersebut untuk membantunya. “Jadi ini bukan bantuan dari saya pribadi, melainkan uang hasil menyisihkan rejeki dari para anggota Polres Pacitan,”kata dia.

Setelah pihak Polres Pacitan memuggar rumah Eko Paimin menjadi layak huni dan sehat, sekarang atap sudah tidak bocor lagi. dinding sudah Batako dan papan teriplek, dan lantainya pun sudah keramik layaknya rumah warga lain yang layak huni serta sehat.

Eko Paimin berterima kasih kepada bapak Polisi, khususnya Kapolres dan Kapolsek.

Sekarang rumah saya menjadi bagus dan layak  huni,dan utamanya anak-anak saya bisa belajar dengan tenang jika turun hujan nanti,”ujarnya.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan