Gelar JAT ke-3, ASPPI Jatim Jelajahi Wisata Pacitan Selama Tiga Hari

oleh -1 Dilihat
Sekda Pacitan menyerahkan cinderamata kepada DPD ASPPI Jatim di JAT ke-3. (Foto: Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jawa Timur menggelar Jawa Timur Adventure Trip (JAT) Ke-3 dengan menjelajahi wisata Pacitan selama tiga hari.

Anggota DPD ASPPI Jatim Ghozali, dalam sambutannya saat pembukaan JAT ke-3, Senin (22/10/2018) malam di Pendopo Kabupaten mengatakan Pacitan mempunyai puluhan potensi pariwisata budaya eksotis dan beraneka ragam yang luar biasa indah.

“Sebagian dari jumlah itu umumnya belum diketahui oleh wisatawan, banyak destinasi wisata berkelas dunia yang akan kami pasarkan,”kata dia.

Lebih lanjut, Ghozali berharap kegiatan ini bisa langsung berdampak terhadap kunjungan wisata yang ada di Pacitan.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Endang Surjasri dalam sambutannya mengatakan pihaknya terus berkomitmen menyuguhkan kekayaan alam serta budaya sehingga para pengusaha tersebut benar-benar percaya dengan potensi yang dimiliki.

Lebih lanjut, mantan Camat Tegalombo ini mengatakan JAT ini wujud dari kerja keras pemerintah dalam menggandeng seluruh elemen khususnya pengusaha.

Sementara, Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono, menyebut sejak tahun 2017 hingga saat ini, Pacitan sudah memperoleh satu juta kunjungan wisatawan, baik domestik hingga mancanegara. Mereka umumnya Penikmat keindahan alam, penantang ombak, wisata ekstrim, serta aneka ragam budaya.

Namun demikian, salah satu tantangan yang dihadapi Pacitan di sektor pariwisata adalah menindaklanjuti kegiatan ini, karena pihaknya sadar akan banyak rombongan yang berkunjung ke Pacitan.

Semua aspek, kata dia, harus diperhatikan serta tetap dijaga. Indikator keberhasilannya adalah angka satu juta pengunjung pada tahun lalu bisa terlewati.

 “Setelah dua hari kesini, yang bagus silahkan dikabarkan, yang jelek tolong beri tahu saya. Akan kami perbaiki,”pungkasnya.

Saat pembukaan tersebut, juga dihibur dengan sejumlah tarian khas Pacitan, diantaranya Kethek Ogleng dan Tari Eklek.

Dalam JAT ke-3 kali ini, para pengusaha di sektor pariwisata tersebut akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Pacitan, diantaranya Pantai Soge, Pantai Pidakan, Pancer Door, Pantai Klayar, Goa Gong dan Pantai Kasap. (Diskominfo/RAPP002)