Begini Gayengnya Seni Kethek Ogleng 2018 di Mojensu

oleh -3 Dilihat
Serunya Festival Kethek Ogleng 2018. (Foto: Dok Sanggar Condro Wanoro)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Festival seni Kethek Ogleng kembali digelar pada Minggu (14/10/2018) di kawasan Monumen Jenderal Soedirman, Dusun Sobo Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan.

Pada edisi peringatan sanggar Condro Wanoro ke 50 ini, masyarakat tumpleg bleg antusias menikmati pertunjukan seni Kethek Ogleng yang digarap Sanggar Condro Wanoro Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan.

Camat Nawangan Sukarwan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan ulang tahun seni kethek Ogleng Sanggar Condro Wanoro ke 50  yang merupakan kesenian asli dari Desa Tokawi Nawangan dan Mbah Sutiman merupakan pendiri tari Kethek Ogleng.

“Kami harapkan kegiatan ini menjadi agenda kegiatan rutin sehingga dapat menyedot animo masyarakat dan menumbuhkan ekonomi di Kecamatan Nawangan dan bisa menjadi ikon serta kesenian aksi dari Kabupaten Pacitan,”kata dia.

Sementara, Bupati Pacitan Indartato juga mengharapkan agenda tersbeut menjadi agenda rutin di Pacitan sehingga kesenian tersebut akan menjadi ikon Kab Pacitan.

“Kami juga memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Mbah Sutiman yang merupakan pendiri kesenian Khetek Ogleng asli dari desa Tokawi Kecamatan Nawangan,”jelasnya.

Usai sambutan, sebanyak 200 penari  Khetek Ogleng dari sanggar tari codro wanoro pimpinan mbah Sutiman menghibur tak kurang dari 5000 masyarakat yang hadir.

Tak hanya Kethek Ogleng, kegiatan dilanjutkan dengan persembahan reog dari Desa Nawangan dan penampilan tari Khetek Ogleng dari SMK 1 Nawangan.

Sejumlah penampilan juga menjadi penghibur sendiri dalam kegiatan tersebut, yakni kesenian reog dan  tari Gambyong dari sanggar tari Kartika Putri Kab Ponorogo , penampilan Drum band SMK Negeri 1 Nawangan dan tari gambyong.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, dan sejumlah tokoh dan pejabat Pemkab Pacitan. (SRW/RAPP002)