125 Ribu Anak di Pacitan akan Ikuti Proses Cetak KIA

oleh -2 Dilihat
Kartu Identitas Anak. (Foto: Elsi Budi Cahyono/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 125 ribu anak yang tersebar di 12 kecamatan di Pacitan dipastikan akan mengikuti proses pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Demikian disaampaikan Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukaan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pacitan Djohan Perwiranto.

“Disdukcapil menargetkan proses cetak Kartu Identitas Anak atau KIA di Pacitan akan selesai dalam waktu setahun pengerjaan. Di Provinsi Jawa Timur, Pacitan mendapat jatah terakhir dalam pelaksaanaan program KIA, yakni dilaksanakan pada tahun 2019 nanti,”kata Djohan, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan, Jumat (5/10/2018).

Lebih lanjut, Djohan mengatakan pada awal Januari 2019 mendatang, pihaknya akan melaksanakan cetak KIA dengan metode sampling, yakni melakukan perekaman dimasing-masing kecamatan yang bersifat sebagian dengan tujuan agar masyarakat lain mengetahui dan mempersiapkan diri.

“Karena jumlah blangko yang tersedia baru separo dari jumplah peserta KIA, namun demikian kami telah melakukan pengajuan,”tandas dia.

Djohan menyebut sembari menunggu proses cetak yang masih  dua bulan lagi, pihaknya terus mekakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dari tingkat Kelompok Bermain atau KB, Paud, TK, SD hingga SMA. Baik kepada peserta dan para guru.

“Selain di sekolah proses bisa kami laksanakan di Kantor Desa atau Dukuh jika diperlukan, selain menyukseskan program juga memudahkan masyarakat,” tambahnya.

Menurut Djohan, KTP Anak atau KIA sendiri memiliki banyak fungsi yang dapat memudahkan anak dan orang tua. Ia mengatakan KIA sarat kebutuhan, misalnya pengurusan buku tabungan, sarat belajar di luar kota hingga pengurusan Visa. “Dengan KIA orang tua tidak perlu repot lagi dengan berkas-berkas (KTP orang tua, KK dan Akta). Jadi lebih simple,” tandasnya.

“Dengan segala kemudaahan yang diberikan oleh Pemerintah dan pentingnya program tersebut, Djohan berharap kepada masyarakat untuk ikut serta menyukseskan agar semua anak di Kabupaten Pacitan memiliki KTP anak atau KIA,”pungkas dia.