Indartato Salurkan Bantuan Rp 50 Juta untuk Lestarikan Budaya Wayang Beber

oleh -0 Dilihat
LESTARIKAN. Bupati Indartato saat menyaksikan pentas Wayang Beber di Dusun Karang Talun, Desa Gedompol, Kecamatan Donorojo, Selasa (2/10/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Bupati Indartato menyerahkan bantuan Rp 50 juta untuk pembangunan sanggar wayang beber di Dusun Karang Talun, Desa Gedompol, Kecamatan Donorojo, Selasa (2/10/2018).

Bantuan tersebut, kata Indartato, sebagai upaya agar budaya asli Pacitan tersebut semakin diakui dunia. “Kita semua ingin agar wayang Beber diakui dunia,” kata Indartato, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Indartato mengatakan bantuan itu menjadi bagian dari kepedulian dan tugas pemerintah daerah memajukan kehidupan masyarakat. Salah satunya bidang kebudayaan. Dimana didalamnya termasuk wayang Beber. Terlebih ada daerah lain yang ingin mengakuinya sebagai budaya milik mereka.

Indartato mengatakan wayang yang dipercaya menjadi tertua di dunia tersebut telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan budaya tak benda nasional untuk kategori tradisi dan ekspresi lisan milik kota di barat daya Jawa Timur ini. Namun demikian upaya pengembangan dan pelestariannya tidak lantas berhenti begitu saja.

“Ketika wayang Beber mendunia, maka tidak hanya desa dan kabupaten yang akan berkembang dan dikenal luas. Tapi juga negara kita,” jelasnya.

Tidak sedikit pelancong luar negeri sengaja berkunjung ke Karang Talun. Diantaranya dari kawasan Timur Tengah dan India. Mereka sengaja datang untuk mendengarkan kisah sejarah wayang sejarah wayang tersebut.