Ini Daftar Artis Internasional Pengisi Pelem Festival Pacitan 2018

oleh -4 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN – Gelaran seni budaya Festival Pelem kembali akan berlangsung pada Senin (17/9/2018) hingga Minggu (30/9/2018) mendatang di Sampang Agung Centre for Performing Arts (SACPA) di Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

Festival budaya yang digelar SACPA ini akan diikuti 30 seniman, baik level lokal hingga internasional, diantaranya seniman dari Australia, Jepang, Polandia, Jerman, Taiwan, China dan Malaysia. Ini daftar seniman internasional yang akan mengisi Pelem Festival 2018.

Baca juga: Seniman Australia Hingga Polandia Semarakkan Festival Pelem Pacitan 2018

1. Stella Tsui (Hong Kong)

Lahir di Hong Kong, Stella adalah seorang pencipta sekaligys pemain. Dia juga bekerja sebagai tukang pijat sebagai upaya alternatif untuk kinerja untuk meningkatkan kesadaran tubuh orang dan semoga suatu hari mereka akan mengalami dan mewujudkan kebebasan dan otonomi dalam gerakan.

Berfokus pada pengalaman manusia dan melanggar batas dalam seni, Stella menikmati inspirasi dari disiplin ilmu seperti Studi Budaya, Filsafat dan Psikologi dalam penciptaan. Pengaruh utama gerakannya adalah Balet, Tari Kontemporer, Tarian Tiongkok, Senam Ritmik, dan Butoh.

Karya terbarunya “Lighthouse” dengan Brian Ting dianugerahi “Innovation in Performance” oleh Stockholm Fringe Festival dan disajikan di NO Fringe Festival Bergen dan Melbourne Fringe. Tur ini didukung oleh Dana Pengembangan Kesenian dari Biro Urusan Dalam Negeri, Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong.

2. Kiki Ando (Australia/Jepang)

Gaya artistik KIKI adalah KIKINESS, dia adalah perancang mode tetapi menggunakan selotip tidak banyak menjahit, dia adalah seorang ceramist populer tetapi tidak ingin menjual menjadi tak ternilai, dia adalah penyanyi yang tidak mengikuti ritme, ketika dia menari di panggung beberapa waktu hanya berlari dan berjalan, baik dia telah mendapat cerita untuk diceritakan dan berbagi dengan orang-orang.

Dia lahir di Jepang dan hidup di luar negeri untuk waktu yang lama sekarang menjadi sprit universal dan spiritual.

3. AñA Wojak (Australia/Polandia)

AñA Wojak adalah seniman gender yang melintasi tebing seni performatif dan visual, dengan minat khusus pada spesifisitas-situs, kinerja durasional, ritual dan keadaan yang berubah untuk menciptakan pekerjaan yang secara visual beresonansi dengan kedalaman mendalam.

Berbasis di Northern Rivers NSW dengan praktek lintas-disiplin, seni visual pemenang penghargaan mereka telah dipamerkan selama lebih dari 40 tahun dan kinerja dan video mereka telah ditampilkan di seluruh Australia dan internasional selama lebih dari 20 tahun, termasuk festival di Australia, Eropa dan Asia dan kolaborasi dengan perusahaan internasional.

Mereka berpartisipasi dalam Festival Seni Pelem pertama di mana mereka kembali pada tahun 2018 diikuti oleh HUT ke-10 MAP Festival Malaysia dan Buffalo Field Bangkok perdana.

4. Tsuki Berghain (Australia)

Tsuki berlatih dalam balet klasik dari usia lima tahun, lulus dari Australian Ballet School pada 2008. Dia telah menari dengan perusahaan dan proyek di Israel, Melbourne dan Berlin dari 2009 – 2016. Dia sekarang dicari setelah Ballet dan Ashtanga Yoga Teacher, dan Performance Artist .

Dia saat ini mengajarkan latihannya Yoga Ashtanga Moon, dan melakukan pertunjukan solo dan kolaborasi yang dipengaruhi oleh Ballet, Butoh, dan Techno Modalities. Sebagai seorang Guru, Tsuki memfasilitasi pengalaman belajar somatik yang mendalam, memungkinkan siswa untuk mendengarkan dan belajar dari tubuh bergerak mereka sendiri.

Sebagai pemain, ia menghubungkan tema pribadi dan / atau puitis dengan ruang, untuk mendesain arsitekturalnya, memungkinkan gerakan tubuh yang otentik untuk muncul sebagai penyatuan tema, ruang, dan kehadiran penonton.

Dia sedang membangun praktik mengajar dan penampilannya di antara rumah-rumah di Melbourne, Berlin, dengan fokus untuk menemukan pertukaran seniman di Asia Tenggara.

5. Margarita Tseng/Yuan Ning Tseng (Taiwan)

Tesng bertemu dengan guru Rhizome Lee yang mengubah hidup dia dan memutuskan untuk menari sepanjang hidup.

Dia telah tampil di festival Himalaya butoh / India, Butohout Festival / Australia dan, diundang oleh dewan kota Alice musim semi tampil dengan musisi ambient di depan umum dan Bar. Tseng suka bermain dengan seniman dan ruang berbeda yang membuat dirinya merasa segar untuk menari.

6. Yi Chen/Evelyn Chen (Cina)

Evelyn Chen adalah penari jembatan koneksi genetik antar tubuh dapat dimanifestasikan dalam tarian. Melalui tari Chen mencoba membawa orang ke tempat aman di mana kerentanan emosional diterima. Ity adalah kedipan api kusam, yang bersinar terang di kekosongan kegelapan, juga mengungkap ingatan-ingatan genetik, mematahkan konsep Chen dan yang lainnya.

7. Lee Kien Fei (Malaysia)

Kien Faye, seorang seniman pertunjukan independen dan juga seorang petani tanaman buah-buahan. 2014, Faye menyelesaikan Bachelor of Creative Arts (Drama) di Deakin University Melbourne, dan dia bertemu dengan Tony Yap dan terinspirasi oleh filosofi artistiknya, pada saat itu dia mulai mengeksplorasi dan membuat karya yang diinformasikan oleh penelitian psiko-fisik, trans perdukunan Asia menari, Butoh & suara.

Saat ini ia mengerjakan proyek dengan Agung Gunawan dan Takashi Takiguchi dari SACPA, di Pelem, Pacitan, Jawa Timur. Dalam dua tahun ke depan, Faye akan fokus pada perjalanan seninya di Indonesia Seni Ritual dan Tradisional dan juga hidup sebagai gaya hidup petani.

8. Takashi Takiguchi (Australia/Jepang)

Berasal dari Jepang, Takashi Takiguchi adalah penari berbasis di Melbourne dan produser kreatif. Dia telah tampil di berbagai festival di Indonesia, Jepang, India, Malaysia dan Melbourne.

Dia mulai bekerja dengan Sampang Agung Center for Performing Arts (SACPA) di Jawa Timur, Indonesia sebagai manajer operasional sejak 2015, di mana sekolah seni berbasis masyarakat telah memberdayakan seniman muda dan mempromosikan sosial re-keterhubungan, keterlibatan yang berarti dengan seni dan ekonomi lokal.

Dia juga ikut memproduksi festival seni pertunjukan, Pelem Festival (2016, 2018) di Indonesia, Evocation of Butoh (2017) dan ButohOUT! (2018) di Melbourne.

9. Rithaudin Abdul Kadir (Malaysia)

Rithaudin percaya bahwa tari sebagai budaya membekas di tubuh. Dengan demikian, setiap tarian adalah bukti hidup dari budaya yang melihatnya. Berasal dari Sabah, Malaysia yang kaya dengan budaya multi-etnis, dia suka bereksperimen dengan campuran budaya tradisional yang telah dia paparkan dan pelajari.

Lulusan tari dari Universitas Malaya, Rithaudin biasa melakukan penelitian untuk memperdalam pemahaman tentang jenis tarian apa pun yang ia temui atau menciptakan karya-karya baru.

Dia mencoba untuk menjadikan karyanya sebagai edu-tainment untuk penonton. Sebagai penggemar tari, RIthaudin telah aktif di kancah lokal dan internasional bahkan dalam produksi teater.

Dengan 19 tahun pengalaman dan eksposur, karyanya telah dikenal di dunia tari lokal dan internasional terutama di tempat kerja khusus.

10. Lim Pei Ern (Malaysia)

LIM PEI ERN tumbuh besar di Sabah, Malaysia. Dia menyelesaikan Advanced II dalam RAD Ballet, dan mewakili negaranya dalam SUKMA 2006 di Senam Ritmik. Dia lulus dari LASALLE College of the Arts dengan First Class Honor (BA) di Dance.

Sejak 2012, ia menari untuk koreografer internasional seperti Wu Yi San (Hong Kong), Akiko Kitamura (Jepang), Marie Gabrielle Rotie (United Kingdom), Inma Marin (Spanyol), dan Singapura koreografer Melissa Quek, Susan Yeung dan Albert Tiong. Pada 2015, ia tampil untuk John Mead Dance Company dan diambil sebagai magang untuk Perusahaan ke-2 dengan T.H.E Dance Company Singapore.

Di Malaysia, Pei Ern bekerja dengan DPAC Dance Company sejak 2015. Pada tahun 2017, ia bekerja secara mandiri. Penampilan terbarunya ‘Puppets’ bersama Pauline Rosolen (Jerman) di Paris Theater de Ville dan artis Jepang, Un Yamada untuk ‘People Without Season’. Karya barunya, You / Me terpilih untuk M1 Contact Festival di Singapura dan menghasilkan karyanya ‘Nyanyian Bumi’ bekerja sama dengan seniman Jepang dan Indonesia.

11. Max Riefer (Jerman)

Max Riefer, “Direktur Studi Percussion” di Universiti Teknologi Mara Fakultas Musik / Malaysia dan pelatih dari ansambel musik baru “Opus Novus” di YST Conservatory / Singapore, telah tampil sebagai solois dan musisi chamber di festival internasional seperti MaerzMusik (Berlin ), Festival Eksperimental Tokyo, Vienna Modern, soundbridge (Malaysia), dua hari dua malam dari musik baru (Ukraina), Gongs & Skins (Vietnam, Thailand, Myanmar) atau SIP Fest (Indonesia).

Kolaborasi dengan Ensemble Modern (Jerman), Perkusi Steven Schick dan Johannes Fischer, Flutist Robert Aitken dan Violoncellist Julian Steckel. Dosen tamu di Birmingham Conservatoire (UK); Conservatory of Music Lugano (Swiss); Tokyo Ongaku Daigaku (Jepang); Mannheim University of Music (Jerman), Mahidol College of Music (Thailand) dan sekolah-sekolah lain di Eropa dan Asia.

Ia belajar di Universitas Musik Freiburg dengan Prof Bernhard Wulff dan Prof Taijiro Miyazaki dan di Toho Gakuen Orchestra Academy (Jepang) bersama Prof. Yoshiyuki Tsukada dan Prof. Kyoichi Sano.

Instrumen perkusi dan produksi suara elektronik dengan cepat menjadi penting pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 di seluruh dunia.

Perkusi Max Riefer menggabungkan kedua cara menghasilkan suara dalam programnya “suara impuls” di mana dia juga tidak menghindar dari eksperimen interdisipliner dan lintas budaya atau penemuan spontan selama pertunjukan.