Begini Semarak Upacara Adat “Ngambu Pancer” 1 Suro di Pacitan

oleh -1 Dilihat
Kirab sesajen Ngambupancer yang dilakukan siang hari 1 Suro itu tersaji berbagai sesajen polo pendem (hasil bumi) jajan pasar, berbagai bunga serta tak lupa pula dupa wangi (Foto: Elsi Budi Cahyono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Liburan tahun baru Islam 1440 Hijriyah menjadi lebih semarak di Pacitan saat digelarnya upacara adat “Ngambu Pancer” yang yang dihadiri jajaran Forkopimda Pacitan, para sesepuh, masyarakat serta para generasi muda Pacitan pada Selasa (11/9/2018) di Pantai Pancer.

Kirab sesajen Ngambupancer yang dilakukan siang hari 1 Suro itu tersaji berbagai sesajen polo pendem (hasil bumi) jajan pasar, berbagai bunga serta tak lupa pula dupa wangi.

Yang lebih menakjubkan lagi, kirab sesajen Ngambu pancer yang dilarung ke samudera di iringi seorang putri cantik dengan pakaian bagai Nyi Roro Kidul dan dua pengawal putri sambil berlenggak lenggok menari menuju bibir pantai untuk melarung sesajen .

“Upacara adat Ngambu pancer ini sebagai tanda syukur pada Tuhan Maha pencipta dan iringan tarian putri laut itu melambangkan seorang Ibu yang tangguh dalam membimbing anak-anaknya. Sedangkan diantara salah satunya sesaji sego asahan unsurnya untuk seorang ibu dalam membesarkan anaknya,” kata Edy, yang melarung punden sajen.

Usai upacara adat larung sesaji dan membuka lomba Jolo, Bupati Pacitan Indartato mengatakan  upacara adat Ngambupancer ini bukan ritual akan tetapi merupakan upacara adat jawa yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita.

“Dari makna upacara ini menandakan bahwa kita bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT terhadap bumi Pacitan,” katanya.

Selain itu, dengan diberikannya alam dan pantai yang indah sehingga harus melestarikan pantai agar tetap bersih dari sampah serta menjaga konservasi kehidupan laut dari kepunahan.

“Upacara adat Ngambupancer ini terus kita adakan dan ini menandakan rasa syukur dan tidak ada makna lain dari itu,”pungkas dia.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono
Penyunting: Dwi Purnawan