Serunya Menjala Ikan di Muara Sungai Pancer Bareng Bupati Pacitan

oleh -14 Dilihat
Bupati Pacitan menjala di kawasan Pancer Door, pada tahun 2018 yang lalu. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Aktivitas menjala ikan dalam lomba Menjala Ikan menjadi salah satu hiburan masyarakat Pacitan, utamanya pada liburan tahun baru Islam, Selasa (11/9/2018) kemarin di Pantai Pancer Door.

Bupati Pacitan Indartato yang hadir dalam kegiatan yang digelar oleh Komunitas Srono Njolo tersbeut mengatakan menjala ikan merupakan salah satu upaya melestarikan lingkungan hidup, katanya saat membuka Lomba Njala di kawasan muara sungai Grindulu Pacitan atau yang biasa disebut warga kawasan Pancer.

“Kearifan lokal yang menurut saya luar biasa, tidak merusak lingkungan. Oleh karena itulah kegiatan semacam ini perlu dilestarikan yang sekaligus memberikan contoh kepada teknologi yang lebih modern agar tidak merusak lingkungan,”kata dia, seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Sementara, Ketua panitia Lomba Njolo, Sunyoto Karyawan menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu sarana untuk berkumpul dan bersatu untuk stop ilegal fishing. “Kita budayakan menangkap ikan dengan cara yg baik tidak merusak lingkungan,” tambahnya.

Lomba menjala ikan merupakan even rutin yang digelar oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Srono Jolo. Even kali ini diikuti lebih dari 100 orang peserta dari seluruh wilayah Kabupaten Pacitan. Selain Lomba Njala, juga digelar upacara Ngambu (Ngabekti Marang Bumi) Pancer.