238 Jamaah Haji Pacitan Tiba di Kampung Halaman

oleh -0 Dilihat
TIBA DI KAMPUNG HALAMAN. Jamaah haji Pacitan tiba di kampung halaman setelah menunaikan ibadah haji, pada Rabu (12/9/2018). (Foto: Sutardi/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Sebanyak 238 jamaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok terbang 44 gelombang ke-2 pada Rabu (12/9/2018) pagi tiba di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto Nomor 8 Kabupaten Pacitan.

Sebanyak 238 jamaah haji tersebut terdiri dari 106 jamaah haji laki-laki dan 132 jamaah perempuan.

Sebelumnya, jumlah jamaah haji Pacitan yang berangkat ke tanah suci sebanyak 239 orang. Namun saat hendak pulang ke Pacitan, seorang jemaah haji laki-laki asal Pacitan terpaksa tertunda kepulangannya karena karena mengalami gangguan jantung, paru-paru dan diabetes sehingga harus dilakukan perawatan.

Hadir dalam penyambutan jamaah haji tersebut Bupati Pacitan Indartato bersama istri Luki Tribaskorowati Indartato, Sekretaris Daerah Pacitan Suko Wiyono bersama istri Betty Suko Wiyono,

Kemudian hadir juga Kabag Operasi Polres Pacitan, Kompol Mustofa Haidar, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0801/Pacitan, Kapten Inf Joko S, Kepala Kemenag Pacitan HM Nurul Huda, Ketua MUI Pacitan Aris Mas’udi dan sejumlah tokoh Pacitan.

Jamaah haji Pacitan sebelumnya mendarat di Bandara Juanda Kota Surabaya dari Mekkah Al Mukaromah pada Selasa (11/9/2018) pukul 17.32 WIB menggunakan pesawat Kloter 44 SV5114. Pada Selasa malam, jamaah kemudian melakukan perjalanan ke Pacitan dan sempat transit di masjid Tegalombo pada Rabu (12/9/2018) dini hari WIB.

Rombongan jamaah haji tiba di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Rabu pagi sekitar pukul 06.10 WIB, dilanjutkan dengan makan pagi dan bertemu keluarga. Selanjutnya, pukul 07.05 WIB, seluruh  Jamaah Haji Kabupaten Pacitan tahun 2018 kembali ke rumah masing masing.

Seluruh jamaah haji asal Pacitan mulai melakukan prosesi haji di tanah suci sejak Rabu 1 Agustus 2018.

Pada tahun ini, menurut asal kecamatan paling  banyak berasal dari Kecamatan Pacitan yaitu 145 JCH dan Kecamatan Arjosari sebanyak 41 orang, Kemudian Kecamatan Tulakan 15 orang, Kecamatan Kebonagung ada 5 orang.

Selanjutnya Kecamatan Punung ada tujuh orang, Kecamatan Donorojo ada dua orang, Kecamatan Bandar ada dua orang, Kecamatan Ngadirojo 20 orang dan Kecamatan Sudimoro ada dua orang. (Sutardi/RAPP002)