Gunungkidul Diguncang Gempa 5,8 SR, Terasa Sampai Pacitan

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta diguncang gempa pagi ini. Gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter. Informasi gempa Gunungkidul disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter mereka, @infoBMKG, Rabu (29/8/2018).

Gempa berada di 112 km barat daya Gunungkidul. Kedalaman gempa 10 km. Belum diketahui dampak gempa yang terjadi sekitar pukul 01.36 WIB itu. “Tidak berpotensi tsunami,” ujar BMKG.

Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR mengguncang Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa terasa hingga ke daerah Jawa Timur, seperti Pacitan hingga Trenggalek.

Dari catatan BMKG, gempa yang terjadi pukul 01.36 WIB itu terasa hingga Bantul, kota Yogyakarta, Karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Gempa juga terasa di Kabupaten Banjarnegara Jateng, Magelang dan Kabupaten Purworejo Jateng.

Selain itu, gempa juga terasa di Sawahan Jawa Timur, Karangkates Jawa Timur, dan Kabupaten Pacitan dan Trenggalek Jawa Timur.

Di sejumlah Kecamatan di Pacitan, gempa bumi cukup terasa, seperti di Kecamatan Donorojo, Punung, Arjosari hingga Tegalombo.

Gempa berada di 112 km barat daya Gunungkidul. Kedalaman gempa 10 km. Belum diketahui dampak gempa yang terjadi sekitar pukul 10.36 WIB itu. Gempa tak berpotensi tsunami.

Kekuatan gempa dalam skala intensitas MMI berkisar di MMI I, II dan III. Skala I MMI artinya getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

“#Gempa Mag:5.8, 29/08/2018 01:36:34 (Pusat gempa di laut 112 km Barat Daya Gunungkidul), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III Bantul, II-III Yogyakarta, II-III Karanganyar, II-III Karangkates, I-II Wonogiri, I-II Banjarnegara, I-II Purworejo, I-II Trenggalek, I-II Sawahan, #BMKG,” cuit BMKG.