Lintas Doreng Barata Gelar MTB Adventure JAP Pringkuku 2018

oleh -0 Dilihat
Serunya sepeda dalam rangka Jelajah Alas Pacitan 2018. (Foto: Elsi Budi Cahyono)

Pacitanku.com, PACITAN – Di HUT ke-73 Kemerdakaan RI para komonitas MTB sepeda gunung Lintas Doreng Barata seri I menggelar adventure Jelajah Alas Pacitan (JAP) dengan rute jarak tempuh 20 Kilometer wilayah pegunungan Kecamatan Pringkuku.

Acara yang diikuti sekitar 600 peserta dari berbagai club MTB luar serta dalam daerah dengan mengambil Start di lapangan Pringkuku dan di berangkatkan oleh Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo,Minggu (26/8/2018).

Kegiatan Adventure bertujuan untuk mengenalkan potensi alam Pacitan dan salah satunya melalui olahraga bersepeda yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Kabupaten Pacitan serta di dukung dari beberapa sponsor.

Menurut Yudi (47) Ketua Panitia Adventure Lintas Doreng Barata 2018, event adventure MTB dengan tema JAP (Jlajah Alas Pacitan) seri I ini, salah satunya untuk mengenalkan wisata alam diwilayah Pacitan kepada teman-teman club MTB dari luar daerah.

“Sedangkan peserta berjumlah berkisar 600 akan tetapi yang ikut hanya 460 peserta, mungkin yang tidak bisa ikut ada kegiatan yang lebih penting, dan mungkin di seri II nanti akan ikut,” jelasnya.

Masih menurut Yudi, dari data club yang mendaftar seri I ini berjumlah 32 club MTB.

Para peserta tersebut dari MTB Heru Guntoro Karanganyar, MTB Gosera Ponorogo, MTB Go Pro Ponorogo, MTB Bajul Ireng Madiun, MTB Hidayat Blitar, MTB PSF Soponyono Blitar, MTB Go Gear Wonogiri, MTB PCC Padangang Bojonegoro, MTB Popeye Prigi, MTB Papika Wonogiri, MTB Kemenag Wonogiri, MTB Al Zanset Wonogiri, MTB SSR Solo, MTB JCC Slahung, MTB MBC Panggul Trenggalek, MTB Josari Jetis Ponorogo, MTB Baturetno Wonogiri, MTB Baskom Trenggalek, MTB ISSI Pacitan, MTB Menadi, MTB Arjosari, MTB Kejari Pacitan, MTB Wijaya Kusuma Gowes Club, MTB PCC Punung, MTB SMIK Trabas, MTB Gerombolan Si Berat, MTB Polres Pacitan, MTB Mbah Raden Bangunsari, MTB Manja Rimba Baleharjo, MTB Bodrex 99.

“Kemudian MTB TRC Tuban Pacitan, MTB X-Pedal Punung- Donorojo dan peserta umum lainnya,”katanya.

Dia mengatakab persiapan rute sejauh 20 km dengan jarak tempuh berkisar 3 sampai 4 dari start sampai ke finish. Rute tempuh menyusuri pedesaan dan lereng-lereng pegunungan, selain itu pihak panitia juga menyiapkan sejumlah door prise menarik bagi peserta.

“Tak hanya itu saja Panitia juga sudah menyiapkan dua jalur Track Adventure jalur yang agak extrim dan Track MTB semi extrim. Diharapkan pada seri II nanti akan lebih banyak pesertanya dan kami berterima kasih kepada semua sponsor yang ikut mendukung acara Lintas Doreng Barat 2018,” pungkas Yudi.

Sementara Hendras, salah satu peserta dari MTB Go Pro Ponorogo, mengatakan event adventure MTB di Kabupaten Pacitan ini sangat bagus dan medannya sangat menantang para Bikers (pengemar sepeda MTB ).

“Namun persiapan Navigator jalannya harus dipersiapkan di beberapa tikungan jalan” jadi para peserta tidak salah jalur ” dan nantinya kami dan club MTB Ponorogo juga akan mengundang Club MTB Pacitan untuk hadir di Track Adventure Telaga Ngebel,”katanya.

Pewarta: Elsi Budi Cahyono