Pemkab Siagakan Tenaga Kesehatan Jelang Idul Adha di Pasar Hewan

oleh -0 Dilihat
Indartato saat mengecek persiapan hewan kurban di Pasar Pon Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui Dinas Pertanian setempat menerjunkan sejumlah tenaga kesehatan langsung ke pasar hewan jelang Hari Raya Idul Adha.

Para petugas tersebut ditugaskan dalam memantau potensi penyakit berbahaya seperti antraks. “Hari ini kita melihat keadaan dilapangan menjelang Idul Adha,” kata Bupati Indartato ketika mengunjungi pasar hewan, Kamis (16/8/2018) seperti dalam siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Selain hewan yang berada dalam kondisi sehat, antusiasme masyarakat pada pekan terakhir menjelang Idul Adha cukup tinggi. Terbukti dilokasi jual beli yangdisebut Pasar Pon tersebut ramai pengunjung. Baik pedagang maupun pembeli.

Selain memenuhi kebutuhan ternak kurban tingkat lokal, baik kambing maupun sapi dari Pacitan juga dijual keluar daerah, seperti DKI Jakarta.

Terkait ketersediaan ternak yang akan dipotong pekan depan, dipastikan jumlahnya mencukupi. Meski dipenghujung tahun lalu banjir bandang dan tanah longsor menyebabkan matinya sapi dan kambing, sekarang populasinya telah pulih.

Saat ini nilai jual hewan kurban beranjak naik. Jika sebelumnya harga sapi berkisar antara Rp 19-20 juta per ekor, kini dijual Rp 22 juta. Demikian pula dengan kambing yang rata-rata naik Rp 200-300 ribu setiap ekornya.