Begini Semarak Festival Budaya Masyarakat Donorojo Bertajuk Gebyar Klayar

oleh -9 Dilihat
SEMARAK. Festival Klayar tahun 2018 pada Sabtu (4/8/2018) berlangsung semarak. (Dok Astra)

Pacitanku.com, DONOROJO – Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar Festival Gebyar Klayar, sebuah acara festival budaya dari sejumlah sekolah di Kecamatan Donorojo yang digelar di Pantai Klayar, Desa Sendang Kecamatan Donorojo pada Sabtu (4/7/2018).

Dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Pacitan Daryono, melalui penyelenggaraan Festival Gebyar Klayar, siswa siswi binaan YPA-MDR mempunyai suatu wadah untuk mengekspresikan dan menampilkan keahlian di bidang seni budaya yang telah diberikan pembinaan secara berkelanjutan oleh YPA-MDR dan menjadikan festival seni budaya masyarakat di Donorojo, Pacitan.

“Pembinaan seni budaya ini akan dilanjutkan dengan pembentukan sanggar seni budaya di Donorojo dan untuk itu YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi berbagai pihak yang mendukung terwujudnya sanggar tersebut,”kata Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo.

Pada kesempatan yang sama juga, YPA-MDR menampilkan produk-produk kecakapan hidup SMKN 2 Donorojo dan paguyuban komite sekolah binaan.

YPA-MDR sangat mengapresiasi partisipasi paguyuban komite sekolah yang turut aktif dengan mulainya menciptakan ekonomi kerakyatan di daerah Donorojo sebagai penghasil Virgin Coconut Oil (VCO) dan produk-produk turunannya yang dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata daerah Pacitan.

Selain itu dihadirkan juga produk-produk batik dan makanan dari rumah pintar Ngalang, Gunungkidul

“Festival Klayar ini merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan tentunya sekolah binaan YPA-MDR untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya dalam rangka memperkuat seni budaya nasional,”tandasnya. (RAPP002)