Pesan Inspiratif SBY untuk Generasi Muda Pacitan: Pantang Putus Asa

oleh -855 views
SBY usai acara reuni emas SMAN 271 Pacitan. (Foto via @aghyassegaf )

Pacitanku.com, PACITAN – Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki pesan inspiratif kepada seluruh masyarakat Pacitan, khususnya generasi muda Pacitan. Hal tersebut disampaikan SBY saat memberikan sambutan dalam reuni emas SMAN 271 Pacitan yang digelar Sabtu (14/7/2018) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Saya berpesan agar generasi muda Pacitan tidak minder menunjukkan eksistensinya, harus memacu diri guna mewujudkan masa depan lebih baik, anak Pacitan itu pantang putus asa,”katanya.

Baca juga: Sambutan Hangat untuk SBY Saat Mudik ke Pacitan

Bukan tanpa alasan SBY berpesan demikian kepada generasi muda Pacitan. Hal itu dilatarbelakangi tantangan hidup masyarakat Pacitan yang berat sehingga membuatnya tangguh menghadapi tantangan kehidupan yang diibaratkan masyarakat Pacitan tumbuh di lahan gersang.

Hal itu, kata dia berbeda dengan tanaman perdu yang tumbuh di lahan gembur karena mudah tercerabut saat dihempas angin kencang. “Sampaikanlah bahwa justru lingkungan alam yang keras, tantangan yang tidak ringan membikin seseorang harus memiliki semangat, motivasi, cita-cita, serta keyakinan untuk sukses,” jelas alumni SMPN 1 Pacitan itu.

Untuk diketahui, SBY menghabiskan masa kecil sejak lahir hingga SMA di Pacitan. SBY adalah alumni SD Baleharjo 1, SMPN 1 Pacitan dan SMAN 1 Pacitan. Setelah lulus dari SMA, SBY kemudian meneruskan karir di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) Kabupaten Magelang pada tahun 1973. Puncak karier SBY tentu saja saat memimpin Indonesia menjadi presiden selama dua periode, sejak tahun 2004 hingga 2014 yang lalu.

SBY sendiri menyempatkan mudik ke kampung halaman di Pacitan pada Sabtu (15/7/2018). SBY hadir ke Pacitan dalam rangka menghadiri reuni emas alumni SMA Negeri 271 Pacitan tahun 1968.

Sambutan hangat pun datang dari segenap masyarakat Pacitan yang menyambut kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat tesebut di Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu (15/7/2018) malam WIB. (RAPP002)