Jadi Pembicara Semnas di UNS, Indartato Tekankan Peran Pemda dalam Pengelolaan DAS

oleh -0 Dilihat
BICARAKAN DAS. Bupati Indartato saat menjadi pembicara seminar nasional DAS di Kota Surakarta pada Kamis (5/7/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, SURAKARTABupati Pacitan Indartato menyebut Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki peranan penting dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Hal itu diungkapkan Indartato saat menjadi pembicara seminar nasional bertema “Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Terpadu Menuju Kelestarian Fungsi Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat.”

Seminar tersebut digelar Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret UNS) Surakarta pada Kamis (5/7/2018) di hotel Sahid Jaya, Kota Surakarta.

“Peran pemerintah daerah dalam pengelolaan DAS yakni ikut berkoordinasi dengan pihak terkait dalam melakukan monitoring dan evaluasi,”kata Indartato.

Dia mengatakan bahwa koordinasi dan peran yang dilakukan oleh setiap sektor atau para pihak sangat penting dalam Pengelolaan DAS, sehingga dapat menginspirasi dan meningkatkan kesadaran pentingnya pelestarian lingkungan hidup terutama Pengelolaan DAS.

Terlebih, kata dia, jumlah DAS kritis di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tahun 1980-an baru sekitar 22 DAS. “Satu dekade berikutnya menjadi 35 DAS, dan tahun 2000-an meningkat 69 DAS. Hampir 75% DAS kritis tersebut berada di Pulau Jawa,”katanya.

Seminar juga mengundang pembicara nasional di bidang lingkungan hidup dan DAS, diantaranya Kepala BPDASHL Kota Surakarta Suratman, Direktur Eksekutif WALHI Jawa Tengah Ismail Al Habib dan akademisi UNS Sentot Sudarwanto.

Pada seminar ini juga dihadiri Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Sigit Hardwinarto mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar sebagai keynote speaker.

Untuk diketahui, Pacitan sendiri merupakan salah satu wilayah di pulau Jawa yang dialiri DAS cukup panjang, yakni DAS Grindulu yang membentang di tiga Kecamatan, yakni Tegalombo, Arjosari dan Pacitan. (Humas Pemkab/RAPP002)