Bakamla RI Ajak Nelayan Pacitan Sukseskan Misi Indonesia Negara Maritim

oleh -131.522 views
WUJUDKAN NEGARA MARITIM. Bakamla RI saat memberikan sosialisasi keamanan laut kepada nelayan di Pacitan. (Foto: Wahyu Sapto Hartono/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla RI Kombes Polisi Suharwiyono, SH, MH mengajak para nelayan di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan menyukseskan misi Pemerintah RI menjadi negara maritim yang mandiri.

Hal tersebut disampaikan Suharwiyono saat menyampaikan paparan dalam Sosialisasi Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut, Rabu (6/6/2018) di Homestay Lestari, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Optimalkan Sinergi, Bakamla Sosialisasi Keamanan Laut di Pacitan

“Misi pemerintah mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat dan berbasis kepentingan nasional, dan terkait maritim, tentu kita ingat sejarah maritim mulai ada jaman kerajaan majapahit, penjajah menghancurkan kerajaan maritim,”katanya.

Oleh penjajah, kata dia, negara maritim diubah dengan pola pikir menjadi agraris atas kepentingan penjajah dan melupakan laut. Untuk itu, dia menyebutkan bahwa setelah Indonesia merdeka sampai saat ini pemerintah terus berupaya membangun kejayaan maritim Indonesia.

Kondisi kemaritiman Indonesia, imbuhnya, saat ini Indonesia merupakan negara kepulauan ada tiga jalur internasional, yakni laut Aru, Laut Cina Selatan dan perairan Kalimantan.

“Jadi Indonesia memiliki kerawanan penyelundupan narkoba, biota laut, senjata, hewan, Bahan Bakar Minyak (BBM), tambang, cagar budaya, tumbuhan, ekspor impor, perijinan kepabean, tenaga kerja, bahkan aliran atau paham yang ingin menghancurkan NKRI, perlu diwaspadai pembuangan limbah nuklir negara lain,”jelasnya lagi.

Secara khusus, dia meminta seluruh mitra maritim, salah satunya nelayan di Pacitan memberikan laporan jika ada hal mencurigakan dan kejadian menonjol.

Turut serta dalam sosialisasi tersebut Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Bambang Marhaendrawan. Kemudian juga Kasi Pemberdayaan Nelayan DKP Pacitan Lilis, Kepala UPT Perikanan Laut Kecamatan Pringkuku Sumaryono, Danramil 0801/12 Pringkuku yang diwakili Pelda Sunaryo dan sejumlah nelayan serta pengusaha setempat.

Pewarta: Wahyu Sapto Hartono
Penyunting: Dwi Purnawan