Diguncang Gempa 3 Kali di Bulan Ramadhan, BPBD Pacitan: Harus Selalu Waspada

oleh -1 Dilihat
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan diguncang gempa tiga kali selama Bulan Ramadhan. Gempa terbaru terjadi pada Selasa (22/5/2018) siang WIB. Atas kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta masyarakat selalu waspada.

Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan  Pacitan Dianita Agustinawati saat dihubungi Pacitanku.com, Selasa (22/5/2018) di Pacitan mengatakan bahwa pihaknya belum mendapat laporan tentang kerusakan atau dampak gempa bumi.

Baca juga: Jangan Pernah Remehkan Gempa Bumi Kecil

Namun, kata Nita, sapaan akrap Dianita, pihaknya terus mengupayakan masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan.

“Upaya kita kepada masyarakat dihimbau untuk selalu waspada, meningkatkan kesiapsagaan khususnya bagi masyarakat di wilyah pesisir,”katanya.

Lebih lanjut, Nita menyebut bahwa jargon 20…20…20 atau triple 20 untuk selalu di ingat, jargon triple 20 yaitu jika terjadi gempa lebih dari 20 detik.

“Jargon triple 20 yaitu jika terjadi gempa lebih dari 20 detik, dengan kekuatan gempa yang besar masyarakat dihimbau untuk evakuasi dalam waktu 20 menit, untuk mencari tempat yang tinggi kurang lebih 20 meter,”paparnya lagi.

Baca juga: Pacitan Diguncang Gempa 3,1 SR, Ketiga Kali di Bulan Ramadhan

Dia menjelaskan bahwa gempa bumi besar dengan kekuatan magnitudo diatas 6 Skala Richter (SR) dan mempunyai durasi lebih dari 20 detik bisa berpotensi terjadi gelombang tsunami. “Gempa yang besar atau d iatas 6 Skala Richter (SR)  dan mempunyai durasi lebih dari 20 detik bisa berpotensi tsunami,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku, gempa bumi pertama terjadi pada Rabu (16/5) pukul 22.30 WIB. Gempa pada malam pertama bulan Ramadhan tersebut berkekuatan 5,1 SR yang berpusat Samudera Hindia atau 335 kilometer barat daya Pacitan.

Gempa bumi kedua kalinya terjadi pada Senin (21/5/2018) pukul 22.30 WIB. Data BMKG menyebut pusat gempa terletak di lokasi 8,09 LS dan 111,23 BT dengan arah timur laut Kabupaten Pacitan dengan jarak 18 kilometer dan berkedalaman sekitar 4 kilometer.

Sedangkan gempa bumi ketiga terjadi di Pacitan dengan kekuatan magnitudo 3,1 SR pada Selasa (22/5/2018) pukul 14.43 WIB. Gempa tersebut terjadi dengan lokasi di 9,21 Lintang Selatan dan 110,54 Bujur Timur.Data BMKG menyebut pusat gempa ada di arah barat daya Kabupaten Pacitan dengan jarak 130 kilometer dan berkedalaman sekitar 23 kilometer. 

Pewarta/Penyunting: Dwi Purnawan