Pacitan Diguncang Gempa 5,1 SR, BPBD: Tidak Ada Kerusakan

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur memastikan tak ada kerusakan ataupun korban dampak gempa tektonik berkekuatan 5,1 SR yang berpusat Samudera Hindia atau 335 kilometer barat daya Pacitan, Rabu (16/5).

“Tidak ada laporan kerusakan apalagi korban jiwa dan luka-luka sejauh ini,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Aguatinawati dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (17/5/2018).

Menurutnya, gempa tidak berefek merusak lantaran episentrum jauh di tengah laut.

Data BMKG menyebut pusat gempa ada di arah barat daya Kabupaten Pacitan dengan jarak 335 kilometer dan berkedalaman sekitar 10 kilometer. Itu artinya, titik episentrum gempa ada di tengah laut bebas. Samudera Hindia.

“Kalau jaraknya sangat jauh dengan kekuatan segitu (5,1 SR) biasanya tidak berpengaruh,” kata Nita, panggilan akrab Dianita Aguatinawati.

Saat gempa terjadi pukul 22.30 WIB, Nita juga tidak merasakan goncangan pada bumi. Beberapa warga Pacitan juga mengaku tidak terasa apa-apa.

Nita dan warga lain justru tahu informasi adanya gempa berkekuatan 5,1 SR dari pemberitaan media daring dan berita lintas di televisi nasional.

“Pacitan sudah langganan gempa. Hampir setiap waktu muncul kegempaan, namun dengan skala rendah,” ungkap Nita.

Kendati situasi aman dan kondusif tidak ada kerusakan maupun korban, Nita memastikan BPBD Pacitan tetap melakukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Ia mengimbau masyarakat, utamanya yang berada di wilayah pesisir untuk proaktif melakukan mitigasi kebencanaan jika perangkat “EWS” (earrly warning system) yang dipasang di sejumlah lokasi pesisir berbunyi.

“Atau jika terjadi kegempaan yang panjang durasinya hingga 20 detik, warga yang tinggal di kawasan pesisir kami imbau untuk mencari tempat aman di area berketinggian di atas 20 meter,” ujar Nita mengimbau.

Sumber: Antaranews.com
Pewarta: Destyan H Sudjarwoko