Pemerintah Dorong Kepala Daerah dan Perangkat Daerah Tidak Takut Berinovasi

oleh -0 Dilihat
Peringatan Hari Otda Pemkab Pacitan. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Para kepala daerah dan jajarannya didorong untuk rajin berinovasi. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing daerah dan menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Yudi Sumbogo ketika membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada upacara peringatan Hari Otonomi Daerah di lapangan pendopo kabupaten, Rabu (25/4/2018).

“Juga gerbang menuju kesejahteraan, tetapi juga menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa kita di dunia,” katanya.

Jika penyelenggaraan otonomi daerah mampu diselenggarakan secara bersih dan demokratis, kemudian diiringi dengan bersemainya berbagai inovasi di daerah, maka mewujudkan Nawa Cita yang merupakan cita-cita kita bersama akan menjadi sebuah keniscayaan.

Tidak bisa dipungkiri, selama 22 tahun implementasi otonomi daerah, sudah begitu banyak hal positif yang dirasakan rakyat Indonesia. Antara lain pembangunan sarana dan prasarana semakin menggeliat sesuai potensi daerah dengan tingkat akurasi yang tinggi serta mengakomodir keinginan masyarakat.

“Otonomi daerah telah mendorong adanya proses pengambilan keputusan publik yang lebih partisipatif juga demokratis lewat pemilihan kepala daerah,” ucap wabup.

Buah positif lainnya dari otonomi daerah yang dirasakan bersama adalah munculnya pemerintahan yang lebih responsif akan kebutuhan masyarakat setempat. Peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga turut terdorong sehingga tercipta pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel.

“Selain itu, banyak bermunculan inovasi-inovasi yang dilakukan daerah dalam upaya membangun dan mensejahterakan masyarakatnya,” terang wabup. (Humas Pemkab/RAPP002)