Pemprov Salurkan 132 Ton Bantuan Cadangan Pangan ke Pacitan

oleh -0 Dilihat
Bupati Pacitan menerima bantuan cadangan pangan Pemprov Jatim. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyalurkan sebanyak 133 ton bantuan cadangan pangan untuk Pacitan. Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Bupati Pacitan Indartato pada Senin (26/2/2018) kemarin.

Bupati Indartato mengatakan bahwa bantuan ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah dalam menyediakan pangan untuk rakyat.

Dia mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan sebagai antisipasi jika terjadi gejolak terkait masalah pangan. Baik karena faktor mekanisme pasar, bencana alam, maupun lainnya. Dengan demikian akses masyarakat untuk mendapatkan salah satu jenis kebutuhan pokok tersebut tidak terganggu.

Lebih lanjut, Indartato mengatakan bahwa bantuan cadangan pangan itu tidak masuk dalam bantuan untuk korban bencana alam. Meski diyakini banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada bulan November 2017 lalu ikut memengaruhi tingkat produksi pangan di Kabupaten Pacitan.

“Jelas ada (pengaruhnya terhadap produksi). Karena ada sarana penunjang yang rusak. Seperti saluran irigasi,”katanya lagi.

Sebagai informasi, bantuan pangan dari pemerintah lebih atas tersebut rutin diberikan setiap tahun. Tetapi periodenya tidak tetap. Artinya penyaluran ke kabupaten-kabupaten dilakukan tidak berpatokan pada tenggat waktu tertentu.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan