Pemkab Dukung Penuh Olahraga Paralayang di Pacitan

oleh -0 Dilihat
Seorang penerbang paralayang usai terbang dari atas Pantai Buyutan. (Foto: Doc Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, DONOROJO – Pemerintah Kabupaten Pacitan mendukung penuh pengembangan olahraga paralayang di kawasan wisata di Pacitan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo saat usai menyaksikan soft launching paralayang di Pantai Buyutan, Desa Widoro Kecamatan Donorojo pada Senin (19/2/2018) kemarin.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyatakan mendukung sepenuhnya olahraga yang satu ini untuk dikembangkan, sebab pada perkembangannya nanti akan ada sektor lain terdongkrak. Yakni pariwisata dan ekonomi,”katanya.

Dia mengatakan bahwa secara khusus para atlet paralayang juga ikut serta mempromosikan serta memperkenalkan potensi wisata Pantai Buyutan sebagai salah satu potensi destinasi wisata dirgantara di Kabupaten Pacitan.

Dia mengatakan bahwa dengan kondisi alam yang mendukung diharapkan Buyutan menjadi kawasan destinasi wisata minat khusus.

“Utamanya bagi para atlet paralayang dan gantole untuk lokasi berlatih, sekaligus menjadi wahana para wisatawan yang bernyali tinggi. Dengan menguji andrenalin melayang pada ketinggian lebih dari 100 meter diatas pantai,”tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, secara bergantian para atlet salah satu cabang olahraga udara dari berbagai daerah di Jawa Timur terbang. Bahkan Wakil Bupati Yudi Sumbogo dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Endang Surjasri berkesempatan menikmati terjun tandem dengan para instruktur.

Satu lokasi bukit disisi timur jalan masuk ke pantai menjadi titik luncur yang dipilih pilot paralayang. Dipilihnya lokasi tersebut karena tiupan anginnya ideal sehingga mudah untuk menerbangkan parasutnya.

Di Pacitan sendiri ada dua lokasi sebagai kawasan olahraga paralayang dan gantole. Selain Pantai Buyutan ada pula spot Mandi Angin di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) Pacitan menyebut bahwa dengan dasar lokasi yang representatif dan memenuhi syarat itu pula pengurus daerah Provinsi Jatim berencana menjadikannya sebagai salah satu lokasi menggelar kejuaraan Paralayang Liga Jatim 6 seri.

Ke-6 lokasi itu, yakni kabupaten Tulungagung dan Pantai Sidoluhur 9-11 Februari lalu, Kabupaten Malang 14-16 April, Kabupaten Pacitan pada 4-6 Mei, Kabupaten Tuban pada 27-29 Juli, Kabupaten Ponorogo pada 10-12 Agustus dan Pantai Modangan pada 16-18 November. 

Selain itu, pada pertengahan tahun ini pula pantai Buyutan akan digunakan untuk pemusatan latihan sebelum mengikuti Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC). (Humas Pacitan/RAPP002)