Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Pacitan

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)
Ilustrasi gempa Pacitan. (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter berpusat di Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (18/2/2018) pukul 01.56 WIB, terasa sampai kota Yogyakarta. Pusat gempa berada di 88 Km Barat Daya kota Pacitan.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochamad Riyadi dalam keterangan persnya, Minggu menyebut bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=5.0 terjadi dengan koordinat episenter pada 9.00 LS dan 110.93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah Barat Daya Pacitan pada kedalaman 50 km.

“Dampak  gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, dirasakan di daerah Pacitan, Trenggalek, Bantul dan Yogya  dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Guncangan gempabumi ini tidak menimbulkan kerusakan,”jelasnya.

Dia menyebut bahwa jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal  akibat aktivitas subduksi  Lempeng Indo Australia menyusup di bawah Lempeng Eurasia.

“Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar naik  (Thrust Fault),”tandasnya.

Riyadi mengatakan bahwa hingga pukul 02.18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah kabupaten Pacitan, Trenggalek, Bantul, Yogya dan sekitarnya  dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”pungkasnya. (RAPP002)