Pendidikan Sadar Bencana Masyarakat Pacitan Penting Diterapkan

oleh -461 views
Heru Wiwoho Kepala Bappeda Pacitan. (Foto: Dok. Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra menyebut bahwa pendidikan sadar bencana masyarakat Pacitan mutlak diperlukan.

Menurut Heru, sebagaimana dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Selasa (9/1/2018) di Pacitan mengatakan bahwa Pendidikan sadar bencana menjadi penanganan berkelanjutan yang pasti dilakukan untuk mempersiapkan masyarakat Pacitan yang sadar keselamatan dan bencana.

“Kami berpendapat bahwa pendidikan sadar bencana sangat penting untuk tentap diterapkan,”katanya.

Dalam konteks penanganan bencana, Heru mengatakan bahwa banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk memutuskan skala prioritas dan arah gerak percepatanpemulihan pasca bencana.

“Ada poin penting dalam penanganan bekelanjutan, beberapa hal diantaranya, kerangka regulasi yang didalamnya berisi tentang pendanaan yang diperoleh dari APBD, PNBP, PS, Dana hibah Pusat serta bantuan. Juga tentang kelembagaan atau koordinasi lintas sektor.

Selain itu, kata Heru, poin selanjutnya adalah status bencana yakni penetapan status serta kepahaman masyarakat tentang hal tersebut.

“Disini diharapkan masyarakat akan memahami kapan waktu yang tepat evakuasi. Kemudian memahami prioritas tanggap bencana, titik mana yang menjadi penting untuk di nomor satukan,”ujarnya lagi.

Penanganan bencana selanjutnya, kata Heru, adalah prioritas penanganan, yang harus dilakaukan hingga tuntas, baik dalam hal evakuasi, penyaluran bantuan, serta rescovery pasca bencana.

“Kesinambungan yang harmonis inilah yang kemudian memunculkan point selanjutnya yakni peningkatan partisipasi masyarakat, seluruh sektor dan masyarakat harus bersama-sama dalam pecepatan pembangunan dan penanganan pasca bencana,”pungkasnya. (RAPP002)