Pemkab-Polres Pacitan Sepakat Awasi Pengelolaan Dana Desa

oleh -131.171 views
Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Kepolisian Resor Pacitan menjalin nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Dana Desa, Jumat (29/12/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Kepolisian Resor Pacitan menjalin nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Dana Desa pada Jumat (29/12/2017) di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8 Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan bahwa nota kesepahaman tersebut merupakan hal yang baik, karena dapat membantu pemerintah pusat dalam pengelolaan dana desa.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk membantu pemerintah pusat dalam pengelolaan dana Desa, partisipasi warga masyarakat harus baik, Menteri Dalam negeri menteri Desa dan Kapolri telah melaksanakan MoU agar pencairan dana desa tepat sasaran,”katanya.

Sementara, Kapolres Pacitan Ajun Komisaris Besar Polisi Setyo Koes Heriyatno  mengatakan bahwa MoU tersebut merupakan tindak lanjut MoU dari Kepolisian Daerah Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Jatim.

“Bukan untuk menakut nakuti namun demi transparan anggaran, kami harapkan apabila ada sesuatu hal dapat di koordinasikan, namun bukan koordinasi penyelewengan, tetapi Kordinasi untuk kebaikan masyarakat,”jelasnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan bimbingan kepada pengelola dana desa agar pelaksanaannya tepat sasaran.”Kami atas nama Polres akan memberikan batuan bimbingan apabila dalam penggunaan dana desa ada hambatan, dan dapat berhasil serta dapat tepat sasaran,”ujarnya lagi.

Selain MoU Pengawasan dana desa, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan MoU siswa berprestasi atau berminat menjadi anggota Polri.

Hadir juga dalam MoU tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kabag Pemerintahan Pemkab Pacitan Putatmo Sukandar, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Sanyoyo, Asisten I Setda Pacitan Joni Maryono, Staff Ahli Bupati Tri Mujiharto.

Selain itu juga hadir Kepala Satpol PP Supardiyanto, Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono,  Danramil jajaran Kodim 0801 Pacitan, Kopolsek Jajaran  Polres Pacitan, Camat se-Kabupaten Pacitan dan Kepala Desa se-Kabupaten Pacitan. (RAPP002/SRW)